Otomotif
·
15 Oktober 2020 11:26

Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29649)
Interior bus Sinar Jaya Suites Class. Foto: dok. Nugroho Febianto
Bus sleeper seat yang kursinya bisa untuk rebahan layaknya di rumah, kini mulai jadi favorit masyarakat yang melancong ke luar kota.
ADVERTISEMENT
Kemewahan dan kenyamanan serasa di dalam pesawat first class, tapi dengan harga jauh lebih terjangkau, jadi alasan beberapa alasan orang memilih bus jenis ini.
Setidaknya ada 8 Perusahaan Otobus (PO) yang melengkapi armadanya dengan pilihan fasilitas tersebut. Nah berikut beberapa di antaranya.
Tentu dengan sasis, tampilan bus, dan rute yang berbeda-beda. Lalu, PO apa saja yang menghadirkan bus sleeper seat tersebut? berikut kumparan sajikan ulasannya.

1. Sinar Jaya

Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29650)
Bus Sinar Jaya Suites Class. Foto: dok. Nugroho Febianto
Perusahaan bus asal Bekasi, Jawa Barat ini jadi salah satu PO yang menghadirkan kelas sleeper seat. Khusus untuk Sinar Jaya, kelas sleeper seat tersebut mereka namai dengan Suites Class.
Selain menghadirkan konfigurasi jok yang dapat dibuat tiduran, Sinar Jaya juga melengkapi fasilitas lainnya seperti toilet, dispenser, audio video on demand dan USB charger di setiap joknya, wifi, hingga sendal khusus.
Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29651)
Interior bus Sinar Jaya Suites Class. Foto: dok. Nugroho Febianto
Pada bus sleeper seat Sinar Jaya ini menggunakan sasis dan mesin dari Hino RN285 dengan karoseri Legacy Sky SR2 dari Laksana.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang ingin mencoba bus sleeper seat dari Sinar Jaya ini, maka siapkanlah kocek sebesar Rp 430 ribu untuk rute Jakarta - Surabaya (Bungurasih), dan Rp 300 ribu untuk Jakarta - Yogyakarta (viar Solo - Klaten). Harga tersebut tentu sudah termasuk fasilitas snack dan makan.

2. Harapan Jaya

Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29652)
Bus sleeper seat Harapan Jaya. Foto: dok. Harapan Jaya
Pilihan bus sleeper seat berikutnya terdapat pada PO Harapan Jaya. Perusahaan bus yang berbasis di kota Tulungagung, Jawa Timur ini, menghadirkan armada sleeper seat untuk rute Blitar - Tulungagung - Bekasi - Jakarta.
Berbeda dengan Sinar Jaya yang mengandalkan Hino RN285 sebagai sasis dan mesin dari bus sleeper seat-nya, Harapan Jaya justru lebih memilih menggunakan Scania K410 Opticruise dengan bodi Legacy SR2 Double Decker dari Laksana.
Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29653)
Bus sleeper seat Harapan Jaya. Foto: dok. Harapan Jaya
Berstatus kelas termewah, berbagai fasilitas unggulan pun ditawarkan di bus ini. Mulai dari toilet, area merokok, audio video on demand, USB charger, wifi, gratis kopi dan teh, air mineral, gratis tissue basah dan kering, snack, bantal, selimut, sandal, hingga layanan makan sebanyak 2 kali.
ADVERTISEMENT

3. Tami Jaya

Berbeda dari 2 bus sleeper seat sebelumnya yang melayani rute arah Jakarta, PO bus satu ini justru melayani rute tujuan ke Pulau Dewata, Bali. Ya, PO bus Tami Jaya memang hanya menyediakan armada sleeper seat-nya untuk rute Jogjakarta - Denpasar, Bali.
Khusus armada sleeper seat ini, PO Tami Jaya menggunakan sasis dan mesin dari Hino RN285 dengan balutan bodi Legacy SR2 garapan karoseri Laksana.
Berbagai fasilitas unggulan pun ditawarkan oleh perusahaan bus asal Yogyakarta ini, mulai dari toilet, audio video on demand dan USB charger di setiap joknya, bantal, selimut, sandal, snack, kopi atau teh, air mineral, hingga makan.
Menyoal tarifnya, bus rebahan dari Tami Jaya dengan rute Jogja - Denpasar atau sebaliknya dibanderol dengan rentan harga Rp 400 ribu hingga Rp 425 ribu.
ADVERTISEMENT

4. Rosalia Indah

PO Rosalia Indah, rupanya juga punya bus sleeper seat pada salah satu rute perjalanannya, yaitu Jakarta - Solo. Kelas sleeper seat yang ada di perusahaan bus asal Karanganyar, Jawa Tengah ini dinamai dengan First Class.
Berbeda dari 3 PO bus sebelumnya yang menggunakan bodi garapan Laksana, Rosalia Indah justru lebih memilih body Jetbus3+ Super Double Decker (SDD) dari Adi Putro. Bodi itu dibalut pada sasis dan mesin dari merek Volvo bertipe B11R.
Fasilitas yang ditawarkan pada bus rebahan Rosalia Indah ini, meliputi toilet, audio video on demand dan USB charger di setiap joknya, bantal, selimut, sandal, snack, air mineral, hingga makan.
Tarif yang dipatok untuk kelas First Class ini, sebesar Rp 385 ribu saja.
ADVERTISEMENT

5. Handoyo

Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29654)
Bus physical distancing PO Handoyo. Foto: dok. HMSI
Bagi Anda yang ingin berpergian ke kota Magelang, Jawa Tengah atau Jogjakarta, mungkin bisa menjajal bus sleeper seat satu ini. Ya, perusahaan otobus Handoyo memang baru saja menghadirkan kelas Suites Class pada rute bus Jakarta - Magelang.
Adapun, sasis dan mesin yang digunakan oleh PO Handoyo ini, yaitu Hino R260. Lalu, untuk bodinya menggunakan Legacy SR2 besutan karoseri Laksana.
Deretan Bus di Indonesia yang Kursinya Bisa Rebahan, Mana Favoritmu? (29655)
Interior bus physical distancing suite class PO Handoyo. Foto: dok. HMSI
Fasilitas yang ditawarkan pada bus sleeper seat dari PO Handoyo ini pun tak berbeda jauh dari PO bus lainnya. Mulai dari toiler, wifi, audio video on demand dan USB charger di setiap joknya, snack, hingga makan.
Untuk sekali perjalanan dengan bus sleeper seat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 350 ribu saja per orangnya.
ADVERTISEMENT

6. Shantika

Tak mau kalah dengan yang lainnya, perusahaan bus asal Jepara, Shantika, juga menghadirkan kelas sleeper seat pada salah satu rutenya, yakni Jepara - Jakarta - Merak.
Bus sleeper seat dari Shantika ini dibangun di atas sasis Hino RN285 dengan bodi Legacy SR2 dari karoseri Laksana. Bagi Anda yang ingin menjajal bus ini, dipastikan dapat menikmati berbagai fasilitas unggulan, seperti toilet, audio video on demand dan USB charger di setiap joknya, wifi, bantal, selimut, snack, hingga makan.
Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, harga satu kali perjalanan dengan bus sleeper seat Shantika ini terbilang terjangkau, yakni hanya Rp 285 ribu saja.

7. Sempati Star

Tak hanya Pulau Jawa, perusahaan otobus asal Medan, Sempati Star, ternyata juga punya bus kelas sleeper seat. Bus itu dihadirkan untuk rute tujuan Medan - Banda Aceh dengan tarif sekitar Rp 350 ribu.
ADVERTISEMENT
Sasis dan mesin yang digunakan oleh Sempati Star untuk kelas sleeper seat-nya ini, yaitu Scania K410 dan Mercedes-Benz OH 2542.
Berbagai fasilitas juga ditawarkan oleh Sempati Star, mulai dari toilet, bantal, guling, selimut, audio video on demand, USB charger, snack, hingga makan.

8. Putra Jaya

Perusahaan otobus berikut ini bukan berasal dari Pulau Jawa atau Pulau Sumatera, melainkan dari Pulau Sulawesi. Ya, PO yang bernama Putra Jaya ini, memang menyediakan kelas sleeper seat untuk rute tujuan Makassar - Palopo.
Menggunakan bodi dari karoseri Rahayu Sentosa S-Liner yang dibangun di atas sasis Scania K410, menjadikan bus satu ini sebagai salah satu yang termewah di Pulau Sulawesi.
Dengan tarif Rp 400 ribu untuk sekali perjalanan, penumpang akan mendapatkan berbagai fasilitas, seperti toilet, audio video on demand dan USB charger di setiap jok, bantal, guling, serta snack.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***