Otomotif
·
16 November 2020 9:02

Deretan PO Bus Double Decker di Pulau Sulawesi, Mana Favoritmu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Deretan PO Bus Double Decker di Pulau Sulawesi, Mana Favoritmu? (67739)
searchPerbesar
Bus Double Decker Scania milik PO Borlindo. Foto: dok. PO Borlindo
Populasi bus double decker di Indonesia ternyata tidak hanya terpusat di Pulau Jawa dan Sumatera saja, tetapi juga ada di Pulau Sulawesi.
ADVERTISEMENT
Jumlahnya memang tak sebanyak di Pulau Sumatera atau Pulau Jawa, tetapi cukup untuk memanjakan para warga Sulawesi yang ingin merasakan sensasi dan kenyamanan dari bus tingkat.
Lalu, ada apa saja pilihan bus double decker di Pulau Sulawesi tersebut? Berikut kumparan sajikan informasinya.

1. PO Borlindo

Deretan PO Bus Double Decker di Pulau Sulawesi, Mana Favoritmu? (67740)
searchPerbesar
Bus Double Decker Volvo milik PO Borlindo. Foto: dok. PO Borlindo
Salah satu perusahaan otobus yang menawarkan layanan bus double decker di Pulau Sulawesi, yakni PO Borlindo. Untuk layanan bus double decker-nya, PO Borlindo menggunakan sasis Volvo B11R DD serta Scania K410ib.
Keduanya sama-sama dibalut dengan bodi Legacy SR2 garapan karoseri Laksana. Untuk bus dengan sasis Volvo B11R, melayani rute Makassar - Toraja, sedangkan bus bersasis Scania K410ib melayani rute Makassar - Palopo.
Berbagai fasilitas kenyamanan pun dihadirkan pada dua bus double decker itu, mulai dari jok berukuran besar dengan leg rest di bagian atas, hingga jok yang dapat direbahkan layaknya tempat tidur di bagian bawah.
ADVERTISEMENT
Menariknya, salah satu keunikan pada bus double decker di Pulau Sulawesi ini, mayoritas tidak dibekali dengan toilet. Jadi kapasitas kursi dan bagasi pun bisa dimaksimalkan.
Tak hanya punya jok yang nyaman, penggunaan sasis premium dari Volvo dan Scania pun turut menambah kenyamanan bagi penumpang. Menyoal spesifikasinya, bus bersasis Volvo B11R menggunakan mesin diesel 6 silinder berkapasitas 10.8 liter.
Mesin itu menghasilkan tenaga berkisar 370 dk hingga 460 dk dan torsi antara 1.770 Nm hingga 2.200 Nm. Sistem transmisinya menggunakan transmisi otomatik canggih yang diberi nama Volvo I-Shift.
Sementara pada bus bersasis Scania K410ib dibekali dengan mesin diesel 6 silinder berkapasitas 13 liter. Tenaganya mencapai 410 dk dan torsinya hingga 2.000 Nm. Pada sasis Scania, menggunakan girboks otomatik 8 percepatan bernama Opticruise.
ADVERTISEMENT

2. PO Primadona

Perusahaan otobus lainnya di Sulawesi yang juga punya bus double decker, yakni PO Primadona. Sasis bus double decker yang digunakan pun ada 2, yakni Mercedes-Benz OC500RF 2542 dengan bodi Evolander garapan karoseri New Armada dan Scania K410ib berbodi Skylander yang juga garapan New Armada.
Berbagai fasilitas mewah juga tersemat di dua bus itu, mulai dari jok nyaman dengan leg rest, bantal, selimut, TV LCD hingga coffee maker. Lagi-lagi, sama seperti PO Borlindo, pada armada bus dari PO Primadona ini juga tak dilengkapi dengan toilet.
Menyoal spesifikasinya busnya, pada sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 menggunakan mesin diesel 6 silinder berkapasitas 12 liter. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 422 dk dan torsi 1.900 Nm. Mesin itu pun selanjutnya dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatik 6 percepatan dengan Primary Retarder.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk sasis Scania K410ib, memiliki spesifikasi yang sama seperti pada bus PO Borlindo.

3. PO Metro Permai

Deretan PO Bus Double Decker di Pulau Sulawesi, Mana Favoritmu? (67741)
searchPerbesar
Bus Double Decker PO Metro Permai. Foto: dok. PO Metro Permai
Berikutnya ada perusahaan otobus Metro Permai yang juga memiliki unit armada double decker pada salah satu rutenya, yakni Makassar - Toraja. Sasis yang digunakkan menggunakan Scania K410ib yang juga jadi salah satu favorit bagi para PO bus yang memiliki armada double decker.
Ya, tenaganya yang besar serta suspensinya yang nyaman, jadi salah satu alasan banyak PO bus menggunakan sasis ini untuk dipasangkan pada bodi double decker. Adapun, bodi yang digunakan pada PO Metro Permai ini menggunakan bodi Jetbus3+ SDD garapan karoseri Adi Putro.
Menyoal fasilitas yang ditawarkan juga tak berbeda jauh seperti bus double decker lainnya, yakni kursi besar yang nyaman dan dilengkapi leg rest, bantal, selimut, serta audio video on demand.
ADVERTISEMENT
Untuk spesifikasi jantung pacu dari Scania K410ib ini sama seperti yang dipakai PO asal Sulawesi lainnya, yakni mesin diesel 6 silinder berkapasitas 13 liter.
Tenaga yang dihasilkan 410 dk dan torsinya 2.000 Nm. Lalu untuk sistem transmisinya pakai otomatik 8 percepatan Opticruise.
Nah, itu lah 3 perusahaan otobus di Pulau Sulawesi yang menghadirkan layanan bus tingkat pada beberapa rutenya. Jadi bus mana favorit Anda?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)