Otomotif
·
26 November 2020 11:51

Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72791)
searchPerbesar
Ferrari F355 Spider yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: infobae.com
Diego Maradona meninggal dunia. Legenda sepak bola Timnas Argentina itu meninggal pada usia 60 tahun akibat serangan jantung.
ADVERTISEMENT
Maradona yang kontroversial dengan gol tangan tuhan ternyata memiliki atensi yang cukup tinggi di otomotif. Ia diketahui memiliki sejumlah mobil mewah.
Berikut kumparanOTO rangkum sejumlah koleksi roda empat memiliki kisah tersendiri bagi pemain yang pernah menukangi Timnas Argentina tersebut.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72792)
searchPerbesar
Porsche 924 yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: extravaganzi.com

Porsche 924 bekas

Meski bukan unit baru, ini jadi mobil pertama yang ditunggangi Maradona saat usia 19 tahun. Kini Porsche 924 dengan semburan tenaga sampai 125 dk ini menjadi barang incaran kolektor.
Berdasarkan JamesList, situs lelang asal Swedia Maradona menjual mobil tersebut pada 1982. Dan sampai saat ini surat-suratnya masih atas namanya.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72793)
searchPerbesar
Fiat Europa 128 CLS yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: carburando.com

Fiat Europa 128 CLS

Maradona membeli Fiat Europa 128 CLS pada 24 Desember 1982, yang menjadi mobil baru pertamanya, saat masih menemani tim Boca dan belum pergi ke Barcelona.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan mobil yang menemani masa-masa damainya di Argentina, sebelum popularitas hebat yang menantinya di Eropa.
Maradona kemudian menjual mobil ini pada 1984, dan jejak terakhir mobil ini yaitu di 2009 ketika ditemukan di Salto, provinsi Buenos Aires.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72794)
searchPerbesar
Ferrari Testarossa hitam yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: marca.com

Ferrari Testarossa hitam

Ferrari ini punya sejarah sendiri. Maradona membelinya setelah menjadi juara dunia bersama Argentina pada 1986. Namun, kala itu Diego meminta Guillermo Coppola agennya, untuk meminta warna hitam.
Ini seolah membuat Ferrari mengkhianati tradisinya, tapi tetap menyetujui permintaan sang legenda, dengan warna cat bernama Glasurit Nero Met 901 / C.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72795)
searchPerbesar
Ferrari Testarossa hitam yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: carburando.com

Ferrari F40

Nah tunggangan lain Maradona yaitu Ferrari F40 model edisi khusus untuk memperingati 40 tahun kuda jingkrak, dan hanya 40 unit yang akan dibuat.
ADVERTISEMENT
Kali ini, Maradona tak bisa membuatnya menjadi merah. Namun lucunya, ketika mobil diantarkan Maradona mencari-cari dan menanyakan di mana audio stereonya.
Namun Guillermo Coppola menjawab ini adalah mobil sport dan tidak ada stereo. Lalu Maradona spontan menjawab, "Kalau begitu taruh di bokongmu."
Anekdot ini diceritakan oleh Cóppola sendiri, manajer dan rekan petualangan Maradona saat itu.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72796)
searchPerbesar
Renault Fuego GTA Max yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: carthrottle.com

Renault Fuego GTA Max

Mobil ini pada 1991 kala Diego Maradona menjalani masa kelamnya. Dia ditangkap dan diduga memiliki kilo kokain di lingkungan Caballito, Buenos Aires.
Renault Fuego GTA Max bermesin 2.2L menjanjikan tenaga sampai 123 dk, dan merupakan mobil produksi nasional tercepat pada masanya, dengan top speed 198 km per jam.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72797)
searchPerbesar
Ferrari F355 Spider yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: carburando.com

Ferrari F355 Spider

Setelah kembali ke Boca pada 1955, Maradona membeli dua Ferrari Spider terbaru. Mobil ini dilengkapi mesin V8 3.5L bertenaga 380 dk.
ADVERTISEMENT
Pada 2005 dengan angka kilometer hanya 37.800 kilometer, salah satu F355 Spider dilelang di internet oleh Diego Armando Maradona Producciones SA, dengan harga 670.150 dolar AS.
Diego Maradona dan Deretan Mobil yang Jadi Saksi Kisah Hidupnya (72798)
searchPerbesar
Scania 360 yang pernah dimiliki Diego Maradona. Foto: carburando.com

Scania 360

Maradona kembali mengalami masa sulit, setelah diskors karena menggunakan doping pada Piala Dunia 1994. Di kampung halamannya, dia terus mencoba menghindar dari kejaran sorotan media.
Berbagai upaya dilakukan, seperti di minggu pertama kedatangannya Oktober. Kedatangannya di hari Senin dia menggunakan Porsche, Selasa di Mitsubishi Montero 4×4.
Namun pada Rabu mengejutkan publik, lantaran mengemudikan Scania 360 warna biru, model 113H, dengan nomor registrasi AZM 765.

Mini Cooper S

Kemudian pada masa-masa dirinya menduduki posisi sebagai pelatih Tim Nasional Argentina saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Diego Maradona beralih ke dua versi model klasik Inggris, Mini Cooper S Hot Pepper tahun 2005 dan lansiran 2009.
ADVERTISEMENT