Distribusi Mobil Listrik Lama, Bos Citroen Indonesia Minta Maaf

4 April 2024 9:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
New Citroen E-C3 di Citroen Experience Center PIK, Kapuk Muara, Jakarta Utara, Selasa (2/4/2024). Foto: Fitra Andrianto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
New Citroen E-C3 di Citroen Experience Center PIK, Kapuk Muara, Jakarta Utara, Selasa (2/4/2024). Foto: Fitra Andrianto/kumparan
ADVERTISEMENT
Bos Citroen Indonesia, Tan Kim Piauw meminta maaf kepada pelanggan mobil listrik Citroen E-C3 lantaran proses distribusi yang terbilang lama masuk Indonesia. Padahal peluncurannya telah dilakukan sejak medio 2023 lalu.
ADVERTISEMENT
“Jadi pertama juga sekalian saya juga minta maaf kepada konsumen di Indonesia yang sudah menunggu cukup lama terhadap mobil E-C3. Saat ini kami akan realisasikan pengiriman di bulan April ini sampai ke Indonesia,” di Citroen Experience Center PIK, Jakarta Utara Selasa (2/4).
CEO Citroen Indonesia, Tan Kim Piauw. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Dirinya yang menjabat sebagai CEO PT Indomobil National Distributor juga meyakinkan paling lama awal Mei, perusahaan sudah bisa menyerahkan kepada konsumen.
Lanjutnya, sudah ada 1.000 pesanan untuk model mobil listrik Citroen E-C3. Pabrikan menjualnya dengan harga Rp 377 juta dan Rp 387 juta untuk versi full-spek.
Harga E-C3 dinilai mampu bersaing dengan model-model mobil listrik lain di pasar Indonesia, terutama dari merek asal China yang juga bermain di rentang harga tersebut.
ADVERTISEMENT
Nantinya kendaraan roda empat listrik tersebut akan dirakit lokal di fasilitas yang berada di Purwakarta, pabrik yang sama di mana beberapa mobil Volkswagen ikut dirakit di sana.
Sekilas mengenai E-C3, hadir dalam bentuk SUV crossover listrik. Menggendong baterai lithium ion berkapasitas 29,2 kWh, yang ketika diisi daya 100 persen menjanjikan daya tempuh mencapai 320 kilometer.
Mobil listrik Citroen e-C3 Foto: dok. Carscoops
Motor penggeraknya menjanjikan keluaran daya hingga 55 dk dengan torsi 143 Nm. Kecepatan puncak yang bisa diraih adalah 107 km/jam, dan kemampuan lari dari diam ke kecepatan 60 km/jam dalam hitungan 6,8 detik.
Oh iya sementara bicara pengisian daya, dalam mode normal pakai portable charger memakan waktu 10,5 jam. Adapun pakai DC charger CCS2, pengisian 10-80 persen dalam hitungan 57 menit.
ADVERTISEMENT
Setiap pembelian mobil listrik Citroen E-C3 mendapat garansi baterai selama 7 tahun atau 140 ribu kilometer, juga garansi umum kendaraan dan motor elektrik 3 tahun atau 100 ribu kilometer.