Otomotif
·
7 April 2021 7:24

Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda (338874)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Motor gede (moge) petualang Ducati Multistrada V4 kena recall diduga ada malfungsi pada bagian jantung mekanis. Motor ini baru meluncur pada November 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
Mengutip Visordown, kampanye recall perlu dilakukan pabrikan karena terindikasi ada kerusakan pada komponen klep atau katup. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan keausan pada mesin dan juga motor bisa mati mendadak dan kehilangan tenaga.
Alasan tak semua unit kena recall, karena Ducati menggunakan 2 vendor berbeda untuk penggunaan komponen klep. Dijelaskan jika ada perubahan sistem katup yang dioperasikan oleh pegas dan bertentangan dengan sistem katup Desmodromic buatan Ducati.
Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda (338875)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Desmodromic sendiri adalah sistem 'pembantu' katup secara elektronik. Teknologi ini juga digunakan pada motor balap Ducati di MotoGP.
Fungsinya adalah untuk mencapai efisiensi mekanis yang tinggi. Dan memperingan kinerja mesin karena tak perlu mendorong untuk menggerakkan katup.

Ducati Indonesia pastikan unit aman sebelum diserahkan ke konsumen

Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda (338876)
searchPerbesar
Mekanik mengecek kondisi ban Ducati Multistrada V4 2021. Foto: Ducati
Ducati Indonesia memastikan jika Multistrada v4 akan tetap diluncurkan pada Mei 2021 mendatang. Mereka juga akan melakukan pengecekan intensif sebelum unit diserahkan kepada konsumen terkait adanya recall masalah komponen katup.
ADVERTISEMENT
"Nanti saat masuk ke sini (Indonesia) langsung kita cek VIN-nya. Jika ada recall langsung kita lakukan perbaikan," kata Marketing Ducati Indonesia, Bonifacius Soemarmo saat dihubungi kumparan, Senin (5/4).
Nantinya akan ada 5 unit Ducati Multistrada V4 2021 yang akan lebih dulu dijual. Beberapa sudah dipesan, namun ia enggan memberikan berapa jumlahnya.
"So far sesuai jadwal tetap kita luncurkan di Mei, paling mundurnya di Juni tapi kita usahakan tetap di Mei," papar Bongki, panggilan karibnya.
Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda (338877)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Jika nantinya ada unit yang bermasalah, dia memastikan jika perbaikan unit akan tetap dilakukan Indonesia dan tak akan memakan waktu yang lama.
"Nanti kita akan cek satu-satu pokoknya, nah itu motor-motor begitu masuk kita cek bahkan sebelum dioper ke konsumen," imbuh dia.
ADVERTISEMENT

Harga Ducati Multistrada V4 di Indonesia

Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda (338878)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021. dok. Visordown
Terkait harganya, Ducati Multistrada V4 untuk pasar Indonesia akan dilego Rp 939 juta off the road. Nantinya yang akan diniagakan adalah varian S dengan beberapa opsi warna.
Bongki memastikan unit yang akan dijual di Indonesia tak akan mengalami penyunatan fitur dan juga mesin. Artinya motor ini akan dijual secara full opsi seperti di beberapa negara Eropa yang sudah menjualnya.
Ducati Multistrada V4 Kena Recall, Peluncuran di Indonesia Tak Tertunda (338879)
searchPerbesar
Alessandro Broglia dan Alessandro Mollo menggunakan Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Salah satu fitur yang paling menarik adalah teknologi radar pada bagian depan dan belakang. melalui teknologi ini, Ducati Multistrada V4 memiliki fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD) layaknya sebuah mobil. Ducati mengembangkan sistem radar bersama dengan pabrikan Bosch.
Sementara jantung mekanisnya mengemas mesin V4 Granturisomo dengan kubikasi mesin 1.158 cc yang mampu memproduksi tenaga maksimal 170 dk pada 10.500 rpm dan torsi puncak 125 Nm di putaran mesin 8.750 rpm.
ADVERTISEMENT