Otomotif
·
13 Maret 2021 12:26

Ducati Scrambler Desert Edisi Terbatas Meluncur, Indonesia Cuma Kebagian 5 Unit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ducati Scrambler Desert Edisi Terbatas Meluncur, Indonesia Cuma Kebagian 5 Unit (241876)
Ducati Scrambler Desert Sled Fasthouse. Foto: Ducati
Pabrikan asal Italia, Ducati, resmi meluncurkan Scrambler Desert edisi terbatas 2021. Motor ini adalah hasil kolaborasi antara Ducati dengan merek pakaian ternama asal Amerika Serikat Fasthouse.
ADVERTISEMENT
Dari keterangan resmi pihak Ducati global, Scrambler Desert Sled Fasthouse hanya akan diproduksi sebanyak 800 unit saja di seluruh dunia. Hadirnya motor ini disebutkan untuk merayakan kemenangan pebalap Jordan Graham pada gelaran balap 400 Hooligans Class.
Ducati Scrambler Desert Edisi Terbatas Meluncur, Indonesia Cuma Kebagian 5 Unit (241877)
Ducati Scrambler Desert Sled Fasthouse. Foto: Ducati
Sebagai motor yang diproduksi dengan jumlah terbatas, tentu ada beberapa detail yang mencirikan sisi eksklusifitasnya. Paling utama ada di bagian tangki dengan detail tulisan 'Scrambler Ducati X Fasthouse', kemudian ada sebuah lencana bertuliskan nomor seri kepemilikan di bagian rangka.
Melanjutkan sektor rangka, pada model limited ini bagian frame juga dilabur dengan warna merah yang khas persis seperti tunggangan balap Jordan Graham.

Pasar Indonesia hanya kebagian 5 unit

Ducati Scrambler Desert Edisi Terbatas Meluncur, Indonesia Cuma Kebagian 5 Unit (241878)
Ducati Scrambler Desert Sled Fasthouse. Foto: Ducati
Untuk pasar domestik, motor ini diproyeksi akan tiba pada Juni 2021 mendatang. Dari penjelasan Bonifacius Soemarmo Marketing Ducati Indonesia pihaknya hanya akan menjual 5 unit saja dan tak lagi memasukkannya.
ADVERTISEMENT
"Sudah bisa dipesan dengan tanda jadi 30 persen dari harga off the road-nya. Harganya sendiri Rp 499 juta (off the road)," kata Bongki, panggilan karibnya kepada kumparan, Jumat (12/3).
Bongki mengatakan, hingga saat ini 5 unit Ducati Scrambler Desert X Fasthouse masih tersedia untuk konsumen Indonesia. Sementara untuk perkiraan harga OTR-nya, motor ini akan dijual Rp 561 jutaan.
Dari segi teknis mesin dan fitur, motor ini tak memiliki perbedaan dengan model Ducati Scrambler Desert Sled yang lain. Seperti yang sudah dijelaskan, fokusnya hanya ada di sektor livery.

Spesifikasi Ducati Scrambler Desert X Fasthouse

Ducati Scrambler Desert Edisi Terbatas Meluncur, Indonesia Cuma Kebagian 5 Unit (241879)
Layout mesin Ducati Scrambler Desert Sled Fasthouse. Foto: Ducati
Bicara dapur pacu, motor ini dipersenjatai mesin berkubikasi 803 cc, pendingin udara, Desmodromic, dengan 2 katup per silindernya. Secara mesin, dia mengusung tipe V-twin.
ADVERTISEMENT
Di atas kertas, tenaga maksimal yang bisa dicapainya adalah 73 dk pada 8.250 rpm dan torsi puncak hingga 67 Nm di putaran mesin 5.750 rpm. Mesin gahar itu dipadukan lewat transmisi gearbox 6-percepatan.
Ducati Scrambler Desert Edisi Terbatas Meluncur, Indonesia Cuma Kebagian 5 Unit (241880)
Ducati Scrambler Desert Sled Fasthouse. Foto: Ducati
Dari segi suspensi juga tak ada perbedaan, dia masih disematkan upside down di depan besutan Kayaba dengan travel suspensi sampai 200 mm. Velg depan mengusung jari-jari dengan lingkar roda 19 inci dibalut ban 120/70 dan yang belakang menggunakan ring 17 dibalut ban 170/60.
Sebagai motor yang bisa hidup di dua alam, Ducati Scrambler Desert X Fasthouse ini juga sudah mengusung ban berjenis dual purpose dan pengereman cakram depan belakang.