kumparan
6 Jul 2018 10:06 WIB

Fiat Persembahkan Spiaggina Edisi Terbatas

Fiat Spiaggina edisi terbatas (Foto: dok. Fiat)
Tahun 1958 menjadi catatan sejarah Fiat mendebut Fiat 500 Jolly atau sering disebut sebagai Spiaggina. Namun Spiaggina tidak sepenuhnya dibuat oleh pabrikan Italia ini. Fiat menggandeng Carrozzeria Ghia, rumah modifikasi di Turin, Italia untuk mengubah Fiat 500 menjadi lebih unik.
ADVERTISEMENT
Terinpirasi dari Fiat 600 Jolly yang dipapas atap serta pintunya dan digantikan dengan palang besi, Fiat 500 besutan Carrozzeria Ghia ini juga mendapatkan perlakuan yang sama, ditambah penggunaan atap kanopi dan kursi yang terbuat dari rotan yang biasa hadir menghiasi teras rumah.
Carscoops melansir, Fiat 500 Jolly memang tidak sefamiliar model konvensionalnya, namun di belahan Benua Biru, Amerika, dan Afrika Selatan Fiat bentukan modifikasi ini laris manis meski dijual dua kali lipat dari harga jual Fiat 500. Namanya langsung meroket saat modelnya ini digunakan Yul Brynner, aktor ternama yang membintangi film The Ten Commandments dan Aristotle Onassis, konglomerat asal Yunani.
60 Tahun sejak pertama kali dikenalkan, Fiat menghadirkan kembali Spiaggina dengan tampilan yang jauh lebih kekinian walau tidak meninggalkan kesan retronya.
Fiat Spiaggina edisi terbatas (Foto: dok. Fiat)
Fiat Spiaggina terbaru ini juga akan dipasarkan dalam jumlah yang terbatas sesuai tahun debutnya yakni 1.958 unit. Selain itu, modelnya juga hanya tersedia dalam bentuk konvertibel yang dilabur warna biru langit dan tak lupa penutup kabin model soft top yang mudah terlipat.
ADVERTISEMENT
Sentuhan retro lainnya ada pada desain velg berwarna putih 16 inci, gagang pintu yang dilapisi krom, hingga logo Fiat ditambah emblem Spiaggina 58 pada bagian belakang mobil ini. Lampu depannya juga masih mengadopsi bentuk bulat seperti model-model Fiat umumnya namun lengkap dengan proyektor sementara lampu belakangnya sudah LED.
Fiat Spiaggina edisi terbatas (Foto: dok. Fiat)
Warna biru langitnya ini juga hadir pada desain dashboard-nya yang lengkap dengan panel-panel lingkaran layaknya desain retro. Namun tidak meninggalkan kesan modernnya dengan penambahan audio touchscreen 7 inci yang lengkap dengan hiburan Android Auto dan Apple Car Play serta instrument panel digital yang juga membulat lengkap dengan logo Fiat yang melegenda itu.
Masih dari sisi interior, joknya mendapat dua warna dan desain garis horizontal pada sandaran punggungnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian dari jantung mekanis, mobil Fiat edisi terbatas ini hanya dipersenjatai mesin bensin 1.200 cc yang menjanjikan daya 69 dk yang memenuhi regulasi Euro 6.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan