OTOHITZ-OTO Info
19 Desember 2019 7:44

Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting?

Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8009)
All New Nmax 155 resmi meluncur Senin (2/12/2019). Foto: Bangkit Jaya Putra
All new Yamaha NMax yang diperkenalkan pada 2 Desember 2019 lalu seakan membawa standar baru skutik 150 cc. Bukan karena ubahan fisiknya, melainkan fitur yang diusung motor tersebut.
Sebut saja fitur Y-Connect yang memungkinkan pemiliknya mengoneksikan smartphone dengan motor. Tak ketinggalan kontrol traksi atau yang disebut Traction Control System (TCS) tersedia bagi Yamaha NMax versi ABS.
Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8010)
Yamaha All New NMax 155 resmi meluncur Senin 2 Desember 2019. Foto: Bangkit Jaya Putra
Fungsi utamanya satu, mencegah ban belakang berputar berlebih (spinning) dengan cara mengatur suplai bahan bakar. Di jajaran skutik Yamaha, fitur ini tentu tak asing. Ya dia sebelumnya ada di XMAX 250.
Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8011)
Motor Matik di Indonesia yang Punya Fitur Kontrol Traksi. Foto: istimewa
Namun seberapa pentingkah fitur kontrol traksi ini pada matik kelas 150 cc?
Menjawab ini, Marketing Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, menjelaskan bahwa hadirnya fitur kontrol traksi di all new NMax menjawab kebutuhan dari konsumen motor tersebut.
Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8012)
Yamaha All New NMax 155 resmi meluncur Senin 2 Desember 2019. Foto: Bangkit Jaya Putra
"Sejak NMax pertama kali diluncurkan tahun 2015, banyak pengguna NMax menggunakan motornya beragam, ada yang commuting untuk harian, ada juga melakukan touring, dan lainnya," kata Anton, sapaan karibnya saat berbincang dengan kumparan, Selasa (17/12).
Karena penggunaan yang beragam itu, pabrikan melengkapi sektor keselamatan motor dengan fitur tersebut. Intinya, kata Anton, bisa mengurangi risiko kecelakaan akibat ban selip.
"Yamaha menganggap fitur TCS ini sangat penting untuk diadopsi sebagai fitur unggulan di all new NMax, karena faktor keselamatan konsumen sangat penting. TCS ini adalah teknologi yang menjadi faktor penunjang keselamatan," ia menambahkan.
Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8013)
Yamaha All New NMax 155 resmi meluncur Senin 2 Desember 2019. Foto: Bangkit Jaya Putra
Cara kerja
Soal mekanisme kerja, kontrol traksi bekerja berkaitan dengan rem ABS (Anti-lock Braking System). Makanya fitur terkoneksi langsung dengan sensor kecepatan yang umumnya ada pada piringan cakram, yang tersambung ke ECU (Engine Control Unit).
Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8014)
Yamaha All New NMax 155 resmi meluncur Senin 2 Desember 2019. Foto: Bangkit Jaya Putra
Saat mulai akselerasi, dan sensor membaca ban berputar di tempat alias kehilangan traksi, secara otomatis sensor kecepatan pada Yamaha NMax mengirim sinyal ke ECU. Kemudian memerintahkan sistem dengan cara mengatur asupan bahan bakar sehingga ban melintir tadi bisa diatasi.
Fitur Kontrol Traksi di Motor Matik 150 Cc, Seberapa Penting? (8015)
OTOHITZ-OTO Info Foto: dok. kumparan