Otomotif
·
8 Desember 2020 12:03

Fitur yang Justru Bisa Bikin Kunci Mobil Tertinggal di Dalam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fitur yang Justru Bisa Bikin Kunci Mobil Tertinggal di Dalam  (255808)
Ilustrasi kunci mobil. Foto: Shutter Stock
Pernah mengalami momen kunci tertinggal di dalam mobil? Ya, umumnya terjadi saat kita sedang memanaskan mobil, atau keluar sebentar untuk membuka pagar.
ADVERTISEMENT
Ini menjengkelkan dan merepotkan. Apalagi bila kita tak memegang kunci serep. Perlu telepon mekanik atau nekat bongkar mobil sendiri.
Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengungkapkan, biang keladi dari masalah ini adalah sistem auto-lock saat mobil diam.
"Karena mobil dahulu kemungkinan alarmnya terpisah dan pemasangannya sendiri, sehingga fungsi auto-lock ada saat mobil diam," ucapnya kepada kumparan, Senin (7/12).
Fitur yang Justru Bisa Bikin Kunci Mobil Tertinggal di Dalam  (255809)
Model kunci Daihatsu Grand New Xenia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kini rata-rata mobil keluaran terbaru, sudah tidak ada lagi fungsi auto-lock saat diam. Sehingga lebih aman, dan tak perlu khawatir mengalami kejadian tersebut.
"Tahun berapanya tidak pasti, ya. Tapi saat alarm sudah terintegrasi sama mobil, maksudnya tidak perlu penambahan alarm, fungsi auto-lock saat mobil diam tidak ada," kata Didi.
ADVERTISEMENT

Waspada

Namun, Didi menambahkan, mobil keluaran baru pun berpotensi mengalami kasus kunci tertinggal di dalam mobil. Utamanya untuk yang punya kunci bagasi sendiri.
"Kejadian sekarang, ada kunci hanya untuk unlock bagasi mobil saja. Jadi saat bagasi dibuka dengan itu, pintu tetap terkunci. Lalu pemilik kendaraan mengambil barang di bagasi, kuncinya tertinggal, bagasi ditutup, tamat deh," tegasnya.
Fitur yang Justru Bisa Bikin Kunci Mobil Tertinggal di Dalam  (255810)
Ilustrasi mobil parkir di rumah Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Antisipasi

Didi mengingatkan, pemilik mobil tentu harus tetap waspada. Khususnya mobil keluaran baru yang punya kunci hanya unlock bagasi.
"Sarannya, sebaiknya kunci itu tetap di saku, untuk menghindari tertinggal di bagasi saat mengambil barang di bagasi," tuturnya.
Nah soal solusinya, cuma ada dua opsi, menggunakan kunci cadangan atau menghubungi ahlinya, khususnya bengkel resmi.
ADVERTISEMENT
"Kalau tidak ada kunci cadangan, ya, susah. Karena minimal ada kerusakan saat pengambilan kunci yang tertinggal," ungkap Didi.