kumparan
17 Sep 2019 11:58 WIB

Fitur yang Paling Dinanti di Toyota Calya

New Toyota Calya Foto: M. Ikbal/kumparan
Kehadiran versi penyegaran dari Toyota Calya, memang diharapkan dapat memberikan angin segar bagi segmen MPV LCGC. Beberapa ubahan pun dilakukan oleh Toyota Astra Motor (TAM) terhadap Calya, mulai dari desain eksterior, interior, hingga fitur-fitur.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, dari beberapa ubahan yang dilakukan oleh TAM tersebut, Calya masih juga belum dilengkapi dengan AC double blower pada baris keduanya.
Padahal, banyak yang berharap, di versi penyegarannya ini, Calya mendapatkan AC double blower pada baris keduanya. Menanggapi hal tersebut, pihak TAM beralasan, bahwa faktor konsumsi bahan bakar masih menjadi alasan utama pihaknya belum menyematkan AC double blower.
“Kalau kita tambahkan dengan double blower, sebenarnya ada hal lain yang kita khawatirkan ya, contohnya adalah fuel consumption,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM).
New Toyota Calya Foto: M.Ikbal/kumparan
Anton Jimmi menjelaskan, dengan ditambahkannya double blower pada baris kedua, tentunya akan membuat kerja mesin menjadi semakin berat. Otomatis, beratnya kerja mesin tersebut akan berdampak pula pada konsumsi bahan bakarnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, berdasarkan hasil tes yang pihaknya lakukan, sistem AC yang saat ini tersemat pada Calya, sebenarnya masih cukup untuk mendinginkan seluruh kabin. Hanya saja, memang tidak sedingin dengan double blower.
“Berdasarkan dari hasil tes kami sendiri, kecepatan penurunan suhu di dalam kabin sendiri sebenarnya masih acceptable. Jadi, lebih banyak masukan dari konsumen tuh yang memang mereka terbiasa dengan double blower,” tambah Anton Jimmi.
Sistem AC baris kedua pada Toyota Calya Foto: Muhammad Ikbal
Namun, pihak TAM juga mengaku tidak menutup kemungkinan, apabila di kemudian hari Calya akan mendapatkan AC double blower.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan