Otomotif
·
6 Mei 2021 17:45

Foto: Wujud All New Honda CB150R, Lawan Yamaha V-ixion, Tertarik?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Foto: Wujud All New Honda CB150R, Lawan Yamaha V-ixion, Tertarik? (41237)
All new Honda CB150R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi melansir generasi paling baru dari naked sport-nya Honda CB150R. Di versi anyarnya ini bisa dibilang ubahan lebih banyak pada sektor tampilan saja.
ADVERTISEMENT
Bagi yang berminat, CB150R terbaru dilepas dengan banderol Rp 29,7 juta untuk varian standar dan Rp 30,7 juta untuk tipe Special Edition (SE). Kedua harga tersebut sudah berstatus OTR DKI Jakarta.
Jika menyandingkan dengan model terdahulu, ubahan minor ada pada bagian lampu depan. Desainnya sepintas mirip namun tampil lebih segar. Di sisi samping batok lampu juga ada beberapa panel bodi tambahan yang membuatnya sedikit lebih berisi.
Masih di bagian depan, sekarang Honda CB150R menggunakan suspensi berjenis upside down garapan dari Showa dengan tipe SFF-BP. Suspensinya sama dengan CBR150R terbaru, namun direvisi ukurannya menjadi lebih pendek sedikit.
Kemudian desain cakram juga berubah, jika di generasi sebelumya bermodel standar bulat maka di versi terbarunya ini menggunakan model wavy dan masih mengusung pengereman 1 kaliper dengan 2 piston.
ADVERTISEMENT
Geser ke samping, ubahan paling besar ada pada bagian desain tangki BBM, modelnya membesar dengan tekukan cukup tajam. Jika dilihat langsung dimensinya bahkan lebih besar dari motor 250 cc.
Turun ke bawah sedikit, sekarang model shroud-nya lebih menarik. Desainnya sporty lengkap dengan 2 lubang kisi seperti menawarkan aerodinamika yang baik.
Sementara untuk velg menggunakan desain baru dengan palang Y, model ini sudah lebih digunakan pada Honda all new Honda CBR150R.
Mundur ke belakang, garis desainnya tak berbeda dengan model terdahulu. Namun agar ada pembaruan, bagian dalam mika seperti diberi ornamen tarikan garis berwarna silver. Untuk semua sistem pencahayaan sudah mengusung teknologi LED.
Selanjutnya AHM juga mengubah desain panel instrumennya. Desainnya cukup menarik dan memberikan beberapa informasi penting dari kendaraan seperti trip A, B, konsumsi rata-rata BBM, dan yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, meski disebut sebagai all new dapur pacu Honda CB150R tak mengalami ubahan, pabrikan hanya menghilangkan tuas kick starter alias engkolan. Sementara konstruksi sasisnya juga masih identik yakni menggunakan tipe teralis.
Honda CB150R terbaru menggendong mesin 150 cc, DOHC, 4-katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan pengabut injeksi.
Di atas kertas ia memiliki tenaga maksimal 16,6 dk pada 9.000 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Output itu disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.
Untuk Anda yang sudah kesengsem ingin memboyongnya, sebelum itu kumparan ajak dulu melirik lebih dekat dan detail si Honda CB150R dalam deretan foto berikut:
***