Otomotif
·
14 Januari 2021 18:16

Gampang, Begini Cara Cek Airbag Mobil Bekas Berfungsi atau Tidak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gampang, Begini Cara Cek Airbag Mobil Bekas Berfungsi atau Tidak (8367)
Ilustrasi airbag Foto: dok. Istimewa
Memilih mobil bekas bukan cuma menyoal kualitas bodi, mesin, riwayat perawatan, maupun kebersihan interior. Tapi perhatikan juga fitur keselamatan yang ada pada mobil incaran.
ADVERTISEMENT
Salah satunya airbag, yang sekarang lazim ditemukan di beberapa model mobil. Pastikan mobil bekas yang dipilih masih memiliki airbag yang bisa bekerja dengan baik guna keselamatan nantinya.
Gampang, Begini Cara Cek Airbag Mobil Bekas Berfungsi atau Tidak (8368)
Ilustrasi airbag. Foto: WhichCar
Bukan tidak mungkin, ada oknum penjual mobil bekas nakal yang mengakali kondisi airbag masih bisa berfungsi, padahal mobil pernah tabrakan dan airbag sudah mengembang.
Supaya menghindari hal tersebut, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi membeberkan cara mendeteksi airbag mobil masih bisa berfungsi atau tidak.
Langkahnya dengan memutar kunci kontak sampai indikator pada panel instrumen menyala semua. Kemudian perhatikan indikator airbag.
Gampang, Begini Cara Cek Airbag Mobil Bekas Berfungsi atau Tidak (8369)
Simbol airbag Foto: dok. Mentalfloss
"Dalam keadaan normal saat mesin dinyalakan maka indikator tersebut akan menyala selama 6 detik, lalu mati sendiri," ungkapnya kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Beda cerita ketika indikator selalu menyala. Ada kemungkinan terdapat masalah pada airbag. Demikian halnya saat indikator tidak menyala, bisa jadi airbag pernah mengembang sebelumnya dan belum dipasang yang baru oleh pemilik sebelumnya.
Gampang, Begini Cara Cek Airbag Mobil Bekas Berfungsi atau Tidak (8370)
Ilustrasi airbag pada Toyota Rush. Foto: Istimewa
Jadi supaya menghindari indikator kantong udara terus menyala, si penjual memutus kelistrikannya agar tidak tampil pada panel meter mobil. Sehingga bisa meminimalisir kecurigaan pembeli yang kurang teliti.
Product Planning PT SGMW (Wuling) Motors Indonesia, Danang Wiratmoko menambahkan, jika sudah mendapati hal tersebut sebaiknya hindari. Apabila terlanjur beli, segera periksakan mobil ke bengkel resmi.
"Nanti bisa dideteksi error-nya lewat diagnostic tool. Nanti akan muncul error history-nya di situ," katanya.
Gampang, Begini Cara Cek Airbag Mobil Bekas Berfungsi atau Tidak (8371)
Ilustrasi airbag. Foto: Autoweek
Airbag termasuk fitur keselamatan pasif, yang fungsinya meminimalisir cedera setelah terjadi benturan. Cara kerjanya memanfaatkan sensor yang diletakkan di bagian depan mobil.
ADVERTISEMENT
Apabila sensor menangkap sinyal adanya benturan keras, maka sensor langsung mengirimkan sinyal ke ECU, kemudian meneruskan perintah ke inflator untuk segera mengembangkan airbag.
Semua proses tersebut hanya memakan waktu 25 hingga 55 milidetik, atau setara dengan kecepatan satu kedipan mata.