Otomotif
·
23 November 2020 12:18

Gerak Wiper Mobil Lambat saat Hujan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gerak Wiper Mobil Lambat saat Hujan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya (259539)
searchPerbesar
Wiper mobil Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Wiper jadi salah satu komponen penting pada mobil, lebih lagi kala hujan. Fungsinya sebagai penyapu air di kaca depan supaya visibilitas saat berkendara tak terganggu.
ADVERTISEMENT
Karena itu kondisi wiper yang prima pun akan sangat dibutuhkan. Tidak hanya karet wipernya saja, tapi juga gerakan dari wiper itu sendiri.
Sebab, bila gerak wiper itu terlalu lambat tentu tak akan maksimal kerjanya, dan justru akan mengganggu visibilitas. Bahkan, bila didiamkan terus menerus, bisa saja wiper itu jadi tak berfungsi sama sekali.
Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan kondisi itu bisa disebabkan oleh 3 faktor.
Wiper lemah itu bisa ada 3 faktor penyebabnya, motor wipernya, link-nya, atau poros yang dari link ke bilah wiper," kata Didi kepada kumparan, Kamis (19/11).
Gerak Wiper Mobil Lambat saat Hujan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya (259540)
searchPerbesar
Wiper mobil Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mengetahui bagian mana yang rusak, kata Didi, tentu perlu diperiksa satu per satu. Bagian termudah yang bisa diperiksa dahulu, yakni bagian link dan porosnya.
"Bisa periksa dulu sambungan-sambungannya apakah seret atau berat atau malah oblak. Kalau misal seret, solusi murahnya bisa dilumasi dulu dengan grease, begitu juga porosnya," jelas Didi.
ADVERTISEMENT
Namun, bila kondisinya sudah sangat rusak dan tidak bisa tertolong saat diberi grease, maka mau tidak mau 2 komponen itu harus diganti dengan yang baru.
Gerak Wiper Mobil Lambat saat Hujan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya (259541)
searchPerbesar
Ilustrasi Wiper Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Lalu untuk faktor penyebab berikutnya, yakni motor wiper, diperlukan pembongkaran terlebih dahulu. Guna mengetahui kondisi komponen bagian dalam dari motor wiper tersebut.
"Kalau motor wiper ya coba bongkar dulu, dicek apakah arang atau karbon brush-nya sudah tipis atau masih bagus. Misal masih bagus ya coba dilumasi dulu dengan grease, tapi kalau sudah parah ya lebih baik ganti," beber Didi.
Dengan mengetahui 3 hal penyebab dan solusi mengatasi gerak wiper yang lambat tersebut, diharapkan pemilik mobil segera memeriksakan kondisi wiper mobilnya, guna mengantisipasi apabila ada indikasi kerusakan.
ADVERTISEMENT
Jadi, sudahkah Anda memeriksa kondisi wiper mobil?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)