kumparan
20 Maret 2019 10:21

Geser Ignis, Honda Brio Kembali Jadi Raja Mobil Perkotaan

All New Brio RS, GIIAS, ICE BSD
All New Brio RS. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Di dua bulan pertama 2019, Honda geber Brio dan gulingkan takhta Ignis, sebagai model city car terlaris di dalam negeri. Memang sebelumnya pada 12 bulan di 2018, mobil mungil besutan Suzuki itu berhasil duduk di posisi teratas mengasapi Brio.
ADVERTISEMENT
Namun, Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di pasar wholesales Januari-Februari 2019 Brio RS jadi nomor satu.
Honda berhasil menyuplai Brio sampai 2.991 unit. Angka tersebut bertumbuh sampai 14,47 persen, dibanding periode sama tahun lalu.
Otomotif, city car, brio, ignis
Wholesales mobil kota di Januari-Februari 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Secara penguasaan pasar, Brio juga sanggup mendominasi secara absolut, dengan market share 67,88 persen. Nampaknya, Brio mulai menunjukkan tajinya lagi, dan mau kembali berjaya di kelas ini, seperti sebelum Ignis muncul.
Bahkan dalam keterangan resminya, Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Brio dengan wujud baru, menjadi salah satu pendorong pencapaian positif jualan Honda di awal tahun ini.
Sementara untuk Ignis sendiri, nasibnya cukup mengenaskan, di mana anjlok sampai 62,79 persen atau hanya dipasok 935 unit saja. Jatah kuenya kali ini hanya 21,22 persen.
Otomotif, city car, brio, ignis
Market share mobil kota di Januari-Februari 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Pada dua bulan yang sama di 2018 lalu, Ignis berhasil meraup wholesales sampai 1.513 unit, dan menguasai pasar 40,29 persen. Ini merupakan hasil buruk pertama Ignis di awal tahun, sejak pertama kali diperkenalkan di 2017.
ADVERTISEMENT
Melihat model lainnya yang mengisi jajaran mobil kota, tempat ketiga terlaris diisi oleh Daihatsu Sirion 250 unit naik sebesar 25 persen, market share 5,67 persen.
Angka yang tak besar ini, disebut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, karena kuota impor yang dibatasi. Walaupun mereka yakin angka jualannya bisa lebih dari itu.
Lalu posisi keempat dan kelima terdapat Datsun Cross 149 unit dengan pangsa pasar 3,38 persen, serta March yang hanya 69 unit (1,57 persen). Terakhir ada Hyundai i10 12 unit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan