Otomotif
·
26 Februari 2021 7:06

Giliran Yamaha RX-King Tahun 83 Laku Rp 125 Juta, Apa Istimewanya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Giliran Yamaha RX-King Tahun 83 Laku Rp 125 Juta, Apa Istimewanya? (342907)
Yamaha RX-King terjual Rp 125 juta. Foto: Ahmad Arif
Yamaha RX-King memang punya daya tarik tersendiri. Motor yang sudah lama disuntik mati itu hingga sekarang masih banyak diburu oleh para kolektor dan loyalisnya.
ADVERTISEMENT
Banderol motor 2-tak garapan garpu tala itu pun terus terkatrol, belum lama ini satu unit Yamaha RX-King lansiran 1983 laku terjual di harga Rp 125 juta. Unit ini disebut salah satu tipe RX-King langka di Indonesia.
Pemilik sekaligus penjualnya adalah Ahmad Arif dari King Priok yang juga sebagai penjual Yamaha RX-King. Pada Maret tahun lalu dia juga mencetak rekor berhasil menjual RX-King Special Edition new old stock seharga Rp 150 juta.
"Baru saja laku tadi, cash Rp 125 juta. Sebenarnya motor ini tidak mau saya jual, karena jadi ikon saya. Tapi karena kebutuhan mendesak akhirnya saya lepas di orang yang tepat," kata Arif kepada kumparan, Rabu malam (24/2).
Arif mengatakan, tipe yang terjual di harga Rp 125 juta ini masuk kategori RX-King langka. Musababnya, di tahun produksi itu RX-King belum banyak dikenal konsumen, dan warna putih sangat sedikit diproduksi.
ADVERTISEMENT
"Pemain menyebutnya RX-King 83, karena dia diproduksi tahun segitu. Sebenarnya masuk keluarga Cobra, tapi Rx-King Cobra baru diiklankan di 1988," katanya.
Giliran Yamaha RX-King Tahun 83 Laku Rp 125 Juta, Apa Istimewanya? (342908)
Yamaha RX-King 1983 terjual Rp 125 juta. Foto: Ahmad Arif
Lalu mengapa bisa mahal? Arif menyebutkan untuk tipe RX-King 83 tampil original maka harganya semakin mahal. Maka dari itu, dia tetap mempertahankan tampilan asli, bahkan karat pada bagian tangki pun tidak restorasi.
"Kalau mau dibilang fosil ya memang banyak yang nyebut begitu. Motor ini sangat langka banget, karat-karat begini saya pertahankan orisinalnya karena paling tidak bisa jadi bukti di tahun segitu RX-King ternyata ada warna putih," jelas dia.

Dulu tidak laku

Giliran Yamaha RX-King Tahun 83 Laku Rp 125 Juta, Apa Istimewanya? (342909)
Yamaha RX-King 1983 terjual Rp 125 juta. Foto: Ahmad Arif
Menariknya saat pertama kali meluncur, khusus warna putih konsumen jarang sekali yang melirik. Di medio itu, kendaraan dengan kelir putih punya stigma harga jualnya akan turun karena dinilai mirip kendaraan rumah sakit.
ADVERTISEMENT
"Dulu mana laku kendaraan warna putih, pasti dibilang kendaraan dokter atau rumah sakit. Di tahun segitu pasti orang pilihnya warna hitam, kalau enggak hitam enggak akan laku," pungkasnya.
Bicara spesifikasi generasi pertama RX-king ini dibekali mesin 135 cc, 1-silinder, 2-tak, pendingin udara, dan pengabut karburator. Di atas kertas punya tenaga maksimal 18,2 dk dan torsi puncak 15,1 Nm,
"Dapat pertama kali 6 tahun lalu, dari petani di Sumedang. Waktu saya beli Rp 15 juta," kata dia.