GWM Belum Berencana Kerek Harga Tank 500, Mobil China Termahal di Indonesia

13 Mei 2024 9:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Media first drive GWM Tank 500 di Bandung, Jawa Barat. Foto: Sena Pratama/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Media first drive GWM Tank 500 di Bandung, Jawa Barat. Foto: Sena Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Great Wall Motor atau GWM Indonesia bikin gebrakan dengan produknya Tank 500 HEV. Bukan karena mengikuti pakem pabrikan Tiongkok yang umumnya kerap tawarkan banderol murah, melainkan menyandang status sebagai mobil China paling mahal di dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Ya, full size SUV itu dilepas dengan mahar Rp 1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta. Tetapi sebagai pengingat, banderolnya itu merupakan harga perkenalan saat debutnya di BCA Expoversary pada awal Maret lalu.
Artinya, harga tersebut kemungkinan dapat berubah, antara lebih murah atau bisa saja lebih mahal. Kendati demikian, Marketing Director GWM Indonesia Hari Arifianto mengatakan, pihaknya belum ada rencana melakukan penyesuaian harga.
"Ya, semuanya masih kita berikan. Kalau bisa kita pertahankan selama mungkin karena ini adalah apresiasi kita, tidak hanya dari sisi produknya tetapi juga dari harganya pun kita pertahankan sepanjang mungkin," buka Hari ditemui di Bandung, Jawa Barat belum lama ini.
GWM Tank 500 Hybrid di ICE BSD, Tangerang. Foto: Sena Pratama/kumparan
"Mungkin ada banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan. Kalau yang lain kan mungkin pembeliannya melalui dolar AS yang berfluktuasi, sedangkan kita kan dengan pembelian Yuan lebih stabil. Kenapa tidak kita coba strecth selama mungkin (harganya)," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, nyatanya dengan harga dan status mobil China paling mahal yang dipasarkan di Indonesia, tak membuat Tank 500 HEV sepi peminat. Diakui Hari, sejauh ini pihaknya sudah menyerahkan lebih dari 50 unit ke konsumen.
"Konsumen kami (Tank 500 HEV) biasanya para pemilik suatu perusahaan (corporate owner) atau senior position di perusahaan, levelnya CEO (Chief Executive Officer). Nah, untuk kredit kendaraan yang harganya di atas Rp 1 miliar juga banyak financing (lembaga pembiayaan) yang menawarkan bunga sangat rendah, apalagi kalau 1 tahun mereka berani menawarkan misalnya hingga 0 persen tergantung campaign mereka. Jadi kalau di kira-kira estimasinya ya mungkin di atas 90 jutaan gajinya," terangnya.
Menariknya, dari dua produk yang dipasarkan GWM saat ini, Tank 500 mengambil porsi penjualan lebih besar dibanding dengan model lainnya seperti Haval H6 HEV yang dijual lebih terjangkau Rp 595,8 juta OTR Jakarta. Hari bilang, masing-masing komposisinya 80 persen untuk Tank 500 HEV dan 20 persen Haval H6 HEV.
Media first drive GWM Tank 500 di Bandung, Jawa Barat. Foto: Sena Pratama/kumparan
"Jadi perhitungannya tidak, wah ada momentum nih lalu kita naikkan (harganya). Kalau kita bisa memberikan paket yang terbaik dan diperpanjang kenapa tidak," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Mobil yang didatangkan utuh dari Thailand ini punya dimensi panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, tinggi 1.905 mm, jarak sumbu roda 2.850 mm, dan bobot mencapai 2.535 kilogram. Kapasitas tampung yang ditawarkan sebanyak 7 penumpang.
GWM Tank 500 HEV disematkan mesin bensin 2.000 cc dengan paduan hybrid, yang bisa menghasilkan tenaga 342 dk dan torsi 648 Nm. Figur tenaganya ini kemudian disalurkan ke roda belakang maupun depannya alias usung sistem 4x4.
Mobil ini dibekali banyak fitur, seperti Intelligent Cruise Assistance dan Traffic Jam Assistance, Traffic Signal Recognition, dan Lane Keeping Assistance + Blind Spot Detection. Fitur unik Tank 500 HEV adalah Tank Turn yang bisa membuat radius putar lebih kecil.
ADVERTISEMENT
***