Otomotif
·
9 September 2020 15:36

Harga Lebih Murah, Ini 7 Motor KTM yang Bakal Diproduksi di Gresik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Harga Lebih Murah, Ini 7 Motor KTM yang Bakal Diproduksi di Gresik  (1856)
Ilustrasi pabrik perakitan KTM. Foto: Istimewa
KTM Indonesia di bawah naungan PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) memastikan akan meluncurkan 7 motor baru yang statusnya CKD (Completely Knocked Down) alias rakitan domestik.
ADVERTISEMENT
Informasi ini datang dari Presiden Direktur PT PLJM, Kristianto Goenadi yang mengatakan, motor baru tersebut akan diluncurkan pada tahun ini dan awal tahun depan.
"Kita nanti ada launch produk baru, tapi saya belum bisa publish apa yang akan di-launching. Sebagian akan kita lepas tahun ini dan sisanya awal tahun depan, totalnya 7 model ya," kata Kristianto lewat sambungan telepon belum lama ini.
Tak cuma merek motor KTM saja, Kristianto juga sedikit membocorkan jika akan meluncurkan produk Husqvarna bergaya motor retro cafe racer. Besar kemungkinan produk yang dimaksud adalah Husqvarna Svartpilen atau Vitpilen 401.
Harga Lebih Murah, Ini 7 Motor KTM yang Bakal Diproduksi di Gresik  (1857)
Husqvarana Svartpilen Neo Cafe Racer . Foto: Istimewa
Husqvarna sendiri sudah resmi diakuisisi oleh KTM yang sebelumnya dipegang oleh merek motor BMW. Sebelumnya Husqvarna berfokus pada motor garuk tanah dan sekarang melakukan ekspansi dengan meluncurkan motor-motor road legal dengan kapasitas mesin cukup besar. Belum lama ini Husqvarna Svartpilen 701 juga sudah resmi dijual di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut Kristianto menjelaskan, jika ketujuh produk tersebut memiliki kubikasi mesin dibawah 400 cc dengan berbagai model dari adventure, fairing, dan juga naked bike.
"Semua 400 cc dan semuanya juga CKD," tegas dia.

Rakit motor KTM di Gresik, Jawa Timur

Harga Lebih Murah, Ini 7 Motor KTM yang Bakal Diproduksi di Gresik  (1858)
KTM 390 Adventure Foto: dok. KTM
Motor pertama yang dirakit secara domestik oleh KTM Indonesia adalah KTM 390 Adventure yang belum lama ini resmi mengaspal di Indonesia.
Kristianto mengatakan, saat ini memang tingkat kandungan komponen lokal belum begitu besar, sekitar 10 persen dan akan semakin meningkat ke depan sesuai dengan persetujuan dan standardisasi prinsipal.
"10 persen itu untuk baterai dan ban. Kita akan ditingkatkan terus sesuai kesepakatan dengan pihak prinsipal untuk part lokal yang sesuai dengan kualitas spesifikasi," jelasnya.
Harga Lebih Murah, Ini 7 Motor KTM yang Bakal Diproduksi di Gresik  (1859)
KTM RC & Duke 390 Foto: dok. Istimewa
Jika nantinya ketujuh produk baru tersebut meluncur di Indonesia. Artinya, harga jual dari motor tersebut bisa lebih terjangkau lagi dan proses pengiriman serta urus surat-surat bisa lebih mudah.
ADVERTISEMENT
Seperti contoh, KTM 390 Adventure rakitan Gresik dilepas dengan banderol Rp 119 juta OTR Jakarta. Sengaja membandingkan dengan harga produk yang sama di Amerika, motor tersebut dijual 6.649 dolar atau setara Rp 98 juta.
Harga Lebih Murah, Ini 7 Motor KTM yang Bakal Diproduksi di Gresik  (1860)
KTM 790 Adventure meluncur di lantai Jakarta Fair 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Tapi perlu diingat motor yang masuk secara impor akan melewati berbagai proses salah satunya membayar pajak. Belum lagi motor di atas 250 cc akan kena PPnBM yang membuat banderol dari motor impor kubikasi mesin besar bakal membengkak dari harga normalnya.
"Harga yang dipasarkan sekarang sudah memperhitungkan dengan cost CKD dan efisiensi dari BBN biaya pengurusannya. Secara bea masuk lebih rendah antara 10-30 persen," jelas dia.
Sekadar informasi, pabrik perakitan motor KTM di Gresik, Jawa Timur diklaim mampu memproduksi 70 unit motor baru dalam sehari.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona