kumparan
Otomotif19 Februari 2019 17:36

Harga Livina VE AT Lebih Murah Ketimbang Xpander Sport AT, Fiturnya?

Konten Redaksi kumparan
Nissan Livina
Nissan Livina yang dibangun berbasis Xpander resmi diperkenalkan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
All new Livina resmi meluncur. Menggunakan basis yang sama dengan Xpander, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tentu punya strategi khusus agar membuat produk mereka tak bersinggungan langsung dengan produk Mitsubishi.
ADVERTISEMENT
Ya, Nissan memasarkan all new Livina dalam lima tipe. E MT menjadi pilihan paling murah dengan banderol Rp 198,8 juta, sedangkan untuk varian paling tinggi ada VL AT yang dibanderol Rp 261,9 juta.
Dibanding Mitsubishi, Nissan memang menawarkan pilihan tipe yang lebih sedikit. Bila Livina hanya punya 5 tipe, Xpander justru ada 8 tipe.
Mobil Mitsubishi Xpander
Mobil Mitsubishi Xpander di tol Karang Anyar Foto: Aditia Noviansayah/kumparan
Namun berdasarkan analisa kumparanOTO, hadirnya all new Livina justru berpeluang mengancam penjualan Mitsubishi Xpander. Apalagi saat ini tiga berlian juga tengah mengoptimalkan penjualan untuk tipe di bawah Ultimate; Sport hingga GLX.
Contohnya di tipe Nissan VE AT. Di pasar, ia berpeluang bakal berebut kue dengan Xpander Sport A/T. Apalagi, Nissan membanderol produknya lebih rendah dibanding tiga berlian.
ADVERTISEMENT

Perbandingan fitur Livina VE AT dengan Xpander Sport AT

Membandingkan fitur dan harga Livina VE AT dan Xpander Sport AT
Membandingkan fitur dan harga Livina VE AT dan Xpander Sport AT Foto: kumparanOTO
Perbedaan paling mencolok lainnya tentu saja soal desain dari eksterior. Mitsubishi menggunakan bahasa Dynamic Shield dan Nissan pakai V-Motion. Untuk urusan yang satu ini, konsumen tentu punya subjektivitas masing-masing terkait desain mana yang paling oke.
Sementara itu, karena menggunakan basis platform yang sama, secara dimensi pun tak jauh berbeda. Pun dengan mesinnya, baik Xpander maupun Livina menggunakan mesin berkubikasi 1.499 cc yang janjikan 102 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.
Jadi, Anda pilih yang mana? Silakan berpendapat di kolom komentar di bawah, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan