kumparan
search-gray
Otomotif25 Juli 2020 18:48

Haruskah Matikan Mesin Mobil Injak Gas Terlebih Dahulu?

Konten Redaksi kumparan
Haruskah Matikan Mesin Mobil Injak Gas Terlebih Dahulu? (144353)
Ilustrasi pedal mobil matik Foto: Shutterstock
Setiap pemilik mobil umumnya punya pemahaman dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam merawat kendaraannya. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan, yakni menginjak pedal gas terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil.
ADVERTISEMENT
Alasan mereka pun beraneka macam, ada yang beralasan untuk membuat mesin mobil tetap dalam kondisi prima, dan ada juga yang mengatakan cara tersebut berfungsi untuk mengisi arus listrik pada aki mobil agar saat mesin dimatikan, aki tidak mengalami tekor.
Haruskah Matikan Mesin Mobil Injak Gas Terlebih Dahulu? (144354)
Ilustrasi mekanik sedang melihat keadaan mesin mobil Foto: Istimewa
Lantas, benarkah alasan dan tips mobil tersebut? atau hanya sekadar mitos belaka?
Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, mengungkapkan cara tersebut sebenarnya hanyalah sekadar kebiasaan lama yang terus terbawa hingga saat ini.
Haruskah Matikan Mesin Mobil Injak Gas Terlebih Dahulu? (144355)
Model pedal pada Toyota Kijang generasi kedua Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Lebih lanjut, kata Bambang, pada zaman dahulu cara tersebut memang marak diaplikasikan. Sebab, pada saat itu teknologi kelistrikan pada mobil, termasuk alternator, belum secanggih seperti saat ini.
"Mesin mobil saat ini kemampuan alternatornya sudah sangat baik. Selama mobil itu jalan, sudah cukup untuk mengisi aki hingga penuh," jelas Bambang kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Haruskah Matikan Mesin Mobil Injak Gas Terlebih Dahulu? (144356)
Aki kering pada DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Malah bikin mobil boros BBM

Cara tersebut, dikatakan Bambang, jika tetap diaplikasikan pada mesin mobil saat ini, justru membuat konsumsi bahan bakarnya terbuang percuma.
ADVERTISEMENT
"Lebih baik, kalau memang sudah berhenti sempurna dan diaktifkan rem parkir, langsung matikan saja mesinnya dengan tujuan lebih efisien," beber Bambang.
Hanya saja Bambang mengingatkan sebelum mematikan mesin, pastikan dulu seluruh fungsi maupun fitur pada mobil ada baiknya ikut dimatikan. Seperti AC dan sistem audio misalnya.
Haruskah Matikan Mesin Mobil Injak Gas Terlebih Dahulu? (144357)
Kisi-kisi AC pada dashboard MG ZS Foto: dok. MG Motor Indonesia
Jika kompresor AC yang masih berputar kemudian dimatikan secara paksa dengan memutar kunci kontak ke off, akan menimbulkan hentakan yang lama-lama berpotensi membuat komponen AC rusak.
Kemudian pada sistem audio. Apabila tidak dimatikan, maka perangkat suara akan hidup bersamaan ketika mesin distarter. Pada saat dinyalakan itu lah sistem audio mendapat tegangan yang kurang stabil dari aki. Lama-lama jika dibiarkan terus berpotensi membuat komponen di dalamnya rusak.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona