Otomotif
·
9 Oktober 2020 18:07

Helikopter Bermesin Motor Kawasaki H2R Resmi Mengudara!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Helikopter Bermesin Motor Kawasaki H2R Resmi Mengudara! (259782)
Kawasaki Helikopter K-Racer Bermesin Ninja H2R. Foto: IMotorbike
Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki melakukan uji coba terbang helikopter buatan mereka pada 6 Oktober lalu. Helikopter yang diberi nama K-Racer itu rupanya menggunakan jantung mekanis superbike Ninja H2R dan dioperasikan tanpa awak alias otonom.
ADVERTISEMENT
Kawasaki memang terkenal dengan strategi ekspansi bisnisnya yang juga memproduksi sejumlah kendaraan lain. Khusus helikopter dengan mesin moge ini dikerjakan langsung oleh divisi Aerospace Kawasaki Heavy Industries, Ltd.
Helikopter Bermesin Motor Kawasaki H2R Resmi Mengudara! (259783)
Kawasaki Helikopter K-Racer Bermesin Ninja H2R. Foto: IMotorbike
Melansir Response, pabrikan mengumumkan keberhasilan mereka dalam uji terbang helikopter di Taikicho Multipurpose Aviation Park di Hokkaido, Jepang.
Pada faktanya, mesin yang digunakan memiliki struktur yang memang diperuntukan untuk sebuah mesin helikopter. Namun, untuk sumber tenaganya perusahaan mencangkok mesin supercharged dari Kawasaki Ninja H2R.
Mesin tersebut memiliki bentuk khusus dengan rotor utama berdiameter 4 meter. Secara spesifikasi Helikopter ini mengangkat mesin 98 cc, DOHC, 16-katup dengan tenaga maksimal 310 daya kuda dan torsi hingga 165 Nm.
Video
Lebih lanjut, Helikopter K-Racer memiliki sayap utama dan baling-baling yang menggantikan rotor ekor di sisi kanan dan kiri. Baling-baling tersebut bertujuan untuk hasilkan gaya dorong ke depan.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk menghasilkan gaya angkat memanfaatkan sayap utama yang sekaligus untuk meminimalisir beban di rotor utama. Dijelaskan rancangan ini memungkinkan helikopter bisa bermanuver di langit dengan kecepatan tinggi.

Bukan yang pertama

Helikopter Bermesin Motor Kawasaki H2R Resmi Mengudara! (259784)
Kawasaki Helikopter K-Racer Bermesin Ninja H2R. Foto: IMotorbike
Sebenarnya proyek Helikopter bukanlah produk yang benar-benar baru dari Kawasaki. Pabrikan juga memproduksi sejumlah helikopter yang banyak digunakan untuk kepentingan pemadam kebakaran, pencarian hingga penyelamatan.
Perusahaan akan mengkaji hasil yang diperoleh dalam pengujian ini untuk pengembangan pesawat VTOL (vertical takeoff and landing aircraft) dan sistem operasi pesawat yang terhubung dengan berbagai layanan.
Sayangnya belum ada informasi menyoal banderol resmi dari Helikopter K-Racer berdapur pacu Ninja H2R tersebut.