Otomotif3 Maret 2018 19:16

Hilangkan Gejala Getar di Motor Matik dengan Modal Rp 25 Ribu

Konten Redaksi kumparan
Hilangkan Gejala Getar di Motor Matik dengan Modal Rp 25 Ribu (1375073)
Membersihkan CVT skutik (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Bagi kamu pengguna motor matik, pasti pernah mengalami gejala getar yang timbul dari area CVT.
ADVERTISEMENT
Gejala getar ini biasanya sangat terasa ketika sedang melakukan akselerasi awal di bawah kecepatan 20 km/jam. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman, apalagi bila kamu yang sering melewati lokasi yang macet.
Salah satu cara termudahnya menghilangkan gejala ini adalah dengan rutin membersihkan komponen serta ruang CVT. Hanya saja cara tersebut tidak bertahan lama, dalam waktu pemakaian satu minggu saja getar pada CVT dapat hidup kembali.
Hilangkan Gejala Getar di Motor Matik dengan Modal Rp 25 Ribu (1375074)
Letak CVT dan filter udara pada Honda Vario 125 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Namun beda halnya saat kumparanOTO menemukan cara lain, yakni saat kami bertandang ke bengkel R59 Matic Shop di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.
Juki, sang punggawa bengkel R59 merekomendasikan kami 2 cara, menggantinya dengan mangkok kopling after market atau membolongi mangkok kopling bawaan Honda.
Hilangkan Gejala Getar di Motor Matik dengan Modal Rp 25 Ribu (1375075)
CVT Skutik (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
“Ada caranya om, ganti mangkok kopling harganya Rp 450 ribu atau enggak dibolongin mangkok koplingnya, itu kena 25 lah (Rp 25 ribu),” jelas Juki.
ADVERTISEMENT
Tambahnya, mengganti atau membolongi mangkok kopling membuatnya lebih awet dari gejala getar, karena sudah diaplikasikan ke motornya.
“Cukup awet kok om getarnya hilang, cuma kalau mau lebih awet lagi pakai mangkok kopling yang baru. Tapi sebelumnya cek juga siapa tahu bukan mangkok CVT-nya, bisa saja dari roller yang udah peyang jadinya getar,” ujar Juki.
Saat kumparanOTO mencoba Honda Vario 125 yang mangkok koplingnya sudah dibolongi, memang tidak ada gejala getar ketika akselerasi awal. Berkendara stop and go juga lebih nyaman sekarang.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white