Otomotif
·
1 Desember 2020 8:03

Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam (113076)
Tampilan belakang Honda Air Blade. Foto: dok. Moto7
Honda Vietnam resmi meluncurkan generasi terbaru dari motor matik bergaya sporty-nya, Air Blade belum lama ini. Di sana, skutik ini bersaing ketat dengan Yamaha Aerox 155.
ADVERTISEMENT
Menariknya strategi pembaruan ini terbilang cepat, pasalnya Honda Air Blade baru diperkenalkan pertama kali pada Desember 2019 lalu. Bisa jadi langkah ini adalah respons terhadap all new Aerox yang belum lama ini juga mendebut.
Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam (113077)
Honda Air Blade. Foto: dok. Motosaigon
Mengutip Motosaigon, ubahan besar terjadi pada model headlamp LED-nya, sekarang dia tampil lebih menyipit dan kompak. Desainnya makin elegan berkat penggunaan emblem 3D pada sisi kanan dan kiri bodinya.
Tak cuma lampu depan yang kini menggunakan teknologi LED, komponen stoplamp juga kini berubah lebih sporty dan sudah mendukung LED, pun dengan ke empat penanda seinnya.

Panel instrumen yang sporty

Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam (113078)
Desain panel instrumen Honda Air Blade. Foto: dok. Motosaigon
Selain itu, versi terbaru ini juga mendapatkan ubahan pada panel instrumen yang kini sudah menganut full digital. Di situ, banyak menyematkan informasi penting terkait kendaraan.
ADVERTISEMENT
Guna meningkatkan sektor keamanan, Honda Air Blade terbaru juga dibenamkan sistem kunci keyless (Honda Smart Key) yang terintegrasi langsung dengan alarm. Adapun, sistem pengereman juga sudah menggunakan ABS (Anti-lock Braking System).

Punya 2 opsi mesin

Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam (113079)
Honda Air Blade. Foto: dok. Motosaigon
Honda Air Blade untuk pasar Vietnam dihadirkan dalam 2 pilihan mesin yang berbeda. Pertama berkubikasi 125 cc dan 150 cc.
Nah khusus untuk varian 150 cc, rangkanya menggendong mesin 150cc, pendingin cairan dan pengabut injeksi. Klaimnya, motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 12,7 dk di 8,500 rpm dan torsi puncak 13,3 Nm pada 5.000 rpm
Nah sengaja membandingkan dengan all new Yamaha Aerox, output mesin Air Blade memang masih kalah. Ya, Aerox punya tenaga maksimal 15,1 dk dan torsi 19, Nm.
ADVERTISEMENT

AHM mau bawa ke Indonesia?

Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam (113080)
Tampilan depan Honda Air Blade. Foto: dok. Moto7
Lalu pertanyaannya, apakah PT Astra Honda Motor (AHM) berminat memboyong AirBlade ke pasar domestik? Mengingat, mereka baru punya 1 varian skutik sporty 150 cc yakni Vario saja.
"Kita masih fokus dengan model yang sudah ada dulu, ya." kata Muhib sapaan karibnya kepada kumparan, Senin (30/11).
Honda Air Blade, Lawan Sepadan Yamaha Aerox Meluncur di Vietnam (113081)
Tampilan belakang Honda Air Blade. Foto: dok. Moto7
Sayangnya dia enggan berkomentar banyak menyoal alasan mengapa Air Blade belum masuk proyeksi motor baru Honda yang akan diluncurkan di Indonesia.
Menurut kamu, jika Honda Air Blade nantinya masuk pasar Indonesia, apakah motor ini punya modal untuk meladeni Yamaha Aerox? Sampaikan komentarmu!