Otomotif
·
28 Agustus 2020 9:08

Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter? (127614)
Tampilan depan Honda CBR250RR SP varian warna Honda Racing Red. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Honda CBR250RR SP Quick Shifter sudah melakoni debutnya beberapa waktu lalu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, versi terbaru dari CBR250RR ini tak mengalami ubahan apa pun pada sektor tampilan, namun pabrikan menyematkan teknologi Quick Shifter yang memungkinkan pengendara tak perlu lagi tarik tuas kopling ketika oper gigi.
ADVERTISEMENT
Nah dari ubahan yang bisa dibilang tak kasat mata itu tak sedikit pemilik Honda CBR250RR lawas bertanya apakah model lama bisa dibenamkan fitur Quick Shifter seperti di model baru?
Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter? (127615)
Tampilan depan Honda CBR250RR. Foto: dok. Istimewa
Menjawab ini Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menuturkan perangkat Quick Shifter tak bisa bisa dipasangkan ke Honda CBR250RR lawas versi standar maupun ABS.
"Tidak bisa, karena sistem elektroniknya berbeda," kata Thomas di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.
Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter? (127616)
Komponen Quickshifter pada Honda CBR250RR SP. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dia melanjutkan, untuk komponen Quick Shifter pihaknya memang menjual secara umum namun untuk dikhususkan untuk CBR250RR SP.
"Untuk spare part Quick Shifter-nya ada dan kita jual terpisah. Tapi jika memasang ke model standar tidak bisa," imbuhnya.
Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter? (127617)
Layout mesin Honda CBR250RR SP Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selain karena perbedaan di sistem elektronik, masih dijelaskan Thomas versi lawas dan baru memiliki perbedaan di sektor settingan dan bagian jantung mekanis.
ADVERTISEMENT
Mengenai banderolnya, memang tak dijelaskan secara rinci berapa harga sparepart Quick Shifter tersebut. Namun jika membandingkan secara harga motor, versi ABS dan Quick Shifter hanya memiliki selisih Rp 4 juta dan Rp 6 juta untuk versi standar.

Tak ada inden

Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter? (127618)
Tampilan samping Honda CBR250RR SP varian warna Bravery Red Black dan Honda Racing Red. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Bagi Anda yang tertarik meminang motor baru Honda ini, Thomas meyakinkan jika pembelian tak akan terjegal oleh proses inden.
"So far sih, mudah-mudahan tidak (inden) karena kita bisa penuhi dari awal. Kan motor ini nantinya akan dijual di Honda Big Wing dan diler kita sebanyak 155 diler," jelas dia.
Honda CBR250RR Lawas Bisa Dipasangi Quick Shifter? (127619)
3 pilihan warna Honda CBR250RR SP. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Honda CBR250RR SP Quick Shifter dihadirkan dalam 3 varian dan memiliki perbedaan harga. Pertama ada Bravery Red Black yang dijual Rp 76,7 juta, Honda Racing Red yang dilepas Rp 77,3 juta dan edisi spesial Garuda X Samurai yang dilego Rp 77,7 juta. Harga tersebut sudah berstatus on the road (OTR) Jakarta.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)