Otomotif15 Juli 2020 17:21

Honda CR-V Facelift Meluncur di Thailand, Bagaimana di Indonesia?

Konten Redaksi kumparan
Honda CR-V Facelift Meluncur di Thailand, Bagaimana di Indonesia? (45289)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Thailand
Honda CR-V facelift akhirnya resmi masuk ke pasar Asia Tenggara dengan meluncur terlebih dahulu di Thailand pada Senin (13/7).
ADVERTISEMENT
Beberapa ubahan minor nampak terjadi pada Honda CR-V facelift ini. Satu hal yang mencolok, tentu saja tampilan eksteriornya yang kini lebih tegas dan sporty. Terlihat dari desain bumper depannya yang lebih mengotak dibandingkan sebelum penyegaran.
Di pasar Thailand, CR-V facelift ditawarkan dalam 5 pilihan varian dengan 2 pilihan mesin, yakni bensin 2.4 liter naturally aspirated dan turbodiesel 1.6 liter. Tersedia juga sistem penggerak 4WD yang dipasangkan pada sasis monocoque.
Dengan meluncurnya CR-V facelift di negeri Gajah Putih tersebut, tentu menimbulkan berbagai pertanyaan, terutama menyoal kapan kehadirannya di Indonesia.
Honda CR-V Facelift Meluncur di Thailand, Bagaimana di Indonesia? (45290)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Thailand
Menjawab hal tersebut, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, hanya memberikan jawaban yang normatif.
ADVERTISEMENT
Terkait model dan kapan peluncuran suatu produk baru, kami selalu melihat kondisi pasar terlebih dahulu," jelas Yusak kepada kumparan, Selasa (14/7).
Lebih lanjut, Yusak mengatakan, saat ini dirinya belum bisa mengatakan apakah Honda CR-V facelift tersebut akan mengaspal di Indonesia pada tahun ini atau tidak. Sebab, situasi pasar yang belum stabil pasca pandemi COVID-19 membuat dirinya harus lebih berhati-hati.
Honda CR-V Facelift Meluncur di Thailand, Bagaimana di Indonesia? (45291)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Thailand

Akankah Honda CR-V facelift bermesin diesel juga masuk ke Indonesia?

Begitu pun saat ditanya terkait kemungkinan hadirnya varian mesin diesel di Indonesia seperti yang tersedia di Thailand, Yusak enggan berkomentar banyak.
"Sama, untuk varian apa yang akan dihadirkan juga bergantung pada kebutuhan konsumen seperti apa, kita lihat nanti ya," jawab Yusak.
Adapun kedua mesin yang ditawarkan di Thailand tersebut, memang berbeda dengan yang ada di Indonesia saat ini. Khusus pasar Indonesia, CR-V hadir dengan 2 pilihan mesin bensin, 2.0 liter naturally aspirated dan 1.5 liter turbocharger.
Honda CR-V Facelift Meluncur di Thailand, Bagaimana di Indonesia? (45292)
Mesin All New Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo Foto: Muhammad Ikbal
Pada mesin bensin 2.0 liter naturally aspirated-nya mampu menyemburkan tenaga 151,8 dk dan torsi 189 Nm. Sedangkan mesin bensin 1.5 liter turbocharger-nya, punya tenaga 187,4 dk dan torsi 240 Nm.
Honda CR-V Facelift Meluncur di Thailand, Bagaimana di Indonesia? (45293)
Tampilan depan All New Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo Foto: muhammad ikbal
Kedua mesin itu sama-sama dikawinkan dengan sistem transmisi CVT dan penggerak 2WD. Menyoal harganya, Honda CR-V pre-facelift saat ini diniagakan HPM dengan harga mulai dari Rp 463,9 juta hingga Rp 539,4 juta.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)