Otomotif
·
18 Juli 2020 16:25

Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia? (214)
Honda Forza 350. Foto: dok. Honda Thailand
Honda melakukan penyegaran dan ubahan pada motor matik bongsornya, Forza. Kini pada katalog penjualan Honda Thailand Forza dilengkapi dengan pilihan berkapasitas mesin 350 cc.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu kehadiran Honda Forza 350 ini tidak membuat model eksisting yakni Forza 250 dan 300 disuntik mati. Pabrikan berlambang sayap mengepak ini tetap menjualnya sebagai opsi.
Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia? (215)
Honda Forza 350. Foto: dok. Honda Thailand
Upaya Honda menghadirkan motor baru ini tentunya menyasar segmen yang lebih luas lagi. Maklum pemain skuter dengan kubikasi 250 maupun 300 cc terbilang banyak secara global, seperti Yamaha XMAX, Kymco Downton 250i, atau Kawasaki J300.
Dengan modal kapasitas mesin yang lebih besar, sudah barang tentu berpotensi mengganggu pasar BMW C 400 X serta C 400 GT juga Kymco Xciting 400i.
Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia? (216)
Konfigurasi mesin Honda terbaru dengan kofirgurasi 4-katup dan teknoogi eSP plus. Foto: dok. Honda Thailand
Secara penampilan keseluruhan hampir tidak ada bedanya dengan Honda Forza 250 yang dijual sekarang. Tapi berdasarkan dimensi, yang terbaru ini sedikit lebih panjang juga lebih pendek.
ADVERTISEMENT
Selebihnya tampak detail-detail yang jadi diferensiasi antar keduanya. Misalnya paduan warna baru yakni kombinasi merah-hitam atau biru-hitam yang sebelumnya tidak ada.
Jika dilihat seksama, panel bodi dibuat dengan garis-garis yang lebih tegas, air intake sedikit besar, juga housing lampu utama yang cenderung lebih tebal. Tak lupa penggunaan spion juga lebih besar, ditambah dermaga USB pada kompartemen depan bagian kiri.
Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia? (217)
Honda Forza 350. Foto: dok. Honda Thailand
Perbedaan lain sudah barang tentu ada pada konfigurasi mesinnya. Ya, mengacu data teknis, rangka underbone-nya itu menggendong mesin berpendingin cairan yang disematkan teknologi eSP+ dan berkubikasi 329 cc dengan 4-katup injeksi.
Oh iya untuk mesinnya masih belum diungkap Honda. Namun ukuran bore dan stroke-nya masing-masing 77 dan 70,7 mm dengan perbandingan kompresi 10,5:1, cukup rendah rupanya.
Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia? (218)
Konfigurasi mesin Honda terbaru dengan kofirgurasi 4-katup dan teknoogi eSP plus. Foto: dok. Honda Thailand
Teknologi mesin 4-katup tersebut merupakan inovasi yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Rumornya bakal menjadi jantung mekanis baru pada ragam motor matik Honda ke depan.
ADVERTISEMENT
Selebihnya harga Honda Forza 350 ini sekitar 173.500 baht atau setara dengan Rp 80,3 jutaan (nilai tukar per 18 Juli 2020). Selain warna yang disebutkan sebelumnya, Honda meniagakannya dengan hero color putih-biru dan full hitam.
"Sebagai pemimpin pasar, Honda siap merangsang kembali industri sepeda motor Thailand. Dimulai dengan peluncuran All New Forza 350, yang pertama di Thailand dan dunia," ucap Presiden Direktur AP Honda Thailand, Shigeto Kimura, yang dikutip dari laman resminya.
Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Siap Masuk Indonesia? (219)
Honda Forza 350. Foto: dok. Honda Thailand
"Dengan mesin baru eSP+ yang memberikan kekuatan superior, menjawab kebutuhan orang yang suka performa tinggi. Sementara bodi didesain sesuai dengan aerodinamika," lanjut pria yang juga pernah menjabat sebagai Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM).

Kapan Honda Forza 350 dijual di Indonesia?

Pertanyaan selanjutnya, kapan motor baru itu mengaspal di Indonesia? "Belum ada rencana," konfirmasi singkat General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona