Otomotif
·
16 Oktober 2020 10:33

Honda Forza 750 Mengaspal ke Eropa, Kapan Masuk Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Forza 750 Mengaspal ke Eropa, Kapan Masuk Indonesia?  (16220)
Tampilan depan Honda Forza 750 Foto: Paultan
Honda Motorcycle Europe resmi meluncurkan moge matik Honda Forza 750. Hadir dengan tampilannya yang sporty dan modern, Forza 750 dibenamkan fitur-fitur canggih layaknya superbike.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Rushlane, Honda Forza 750 mengemas mesin 2-silinder yang identik dengan motor petualangan Honda X-ADV. Jantung mekanis itu punya kubikasi detail 754 cc yang mampu hasilkan tenaga maksimal hingga 57,7 daya kuda pada 6.750 rpm dan torsi hingga 69 Nm di 4.50 rpm.
Honda Forza 750 Mengaspal ke Eropa, Kapan Masuk Indonesia?  (16221)
Tampilan mesin Honda Forza 750 Foto: Paultan
Mesin tersebut sudah mengusung regulasi Euro 5 dengan menggunakan transmisi berjenis DCT (Dual Clutch Transmission) 6-percepatan. Ya, dia memiliki gearbox yang mampu memberikan perpindahan gigi secara otomatik dan memudahkan pengemudi mengatur kendali roda dengan memutar tuas atau saklar di kiri setang.
Agar sensasi gasnya lebih enteng disematkanlah teknologi ride by wire yang umumnya hanya ada pada motor-motor sport kopling. Nah, untuk mendukung keasyikan dan keamanan berkendara Honda Forza 750 juga dibekali dengan 4 modus berkendara (Standard, Rain, Sport, dan Custom), juga kontrol traksi yakni Honda Selectable Torque Control (HSCT).
Honda Forza 750 Mengaspal ke Eropa, Kapan Masuk Indonesia?  (16222)
Tampilan samping Honda Forza 750 Foto: Paultan
Bagian kaki-kaki juga menggunakan platform yang serupa dengan X-ADV 750. Dia sudah menggunakan lengan ayun berbahan alumunium dengan sistem pro-link di suspensi belakang dan suspensi upside down pada haluan depan.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk panel instrumen menggunakan layar TFT yang memungkinkan terhubung dengan smartphone dan intercom.
Moge matik beraliran Grand Touring ini dijual dengan banderol sekitar 9 ribu poundsterling atau setara Rp 171 jutaan untuk pasar Eropa. Motor ini pun jadi kompetitor kuat dari Yamaha T-Max DX.

Kapan masuk Indonesia?

Honda Forza 750 Mengaspal ke Eropa, Kapan Masuk Indonesia?  (16223)
Tampilan depan Honda Forza 750 Foto: Paultan
Kemudian pertanyaan yang muncul kapan Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan Forza 750 untuk pasar Indonesia? Menjawab ini, General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin pun buka suara.
Menurut Muhib, panggilan karibnya, Honda Forza 750 memang punya karakter motor matik yang gahar dari segi tampilan, fitur, dan juga mesin. Namun, untuk saat ini pihaknya belum memiliki rencana memboyong moge matik itu ke Indonesia.
Honda Forza 750 Mengaspal ke Eropa, Kapan Masuk Indonesia?  (16224)
Tampilan panel instrumen Honda Forza 750 Foto: Paultan
"Motornya memang keren banget itu. Tapi, untuk saat ini sayangnya kami belum ada rencana untuk memasarkan (di Indonesia). Kami konsentrasi dulu menemani pecinta big bike dengan model yang ada saat ini, ya," kata Muhib saat dihubungi kumparan, Kamis (15/10).
ADVERTISEMENT
Sampai dengan saat ini, AHM baru punya matik bongsor Honda Forza 250 dan moge X-ADV sebagai opsi motor matik premium yang bisa dipilih oleh konsumen.
Apakah kamu salah satu yang berharap Honda Forza 750 dijual di Indonesia?