Otomotif
·
18 November 2020 19:52

Honda Jazz Baru yang Meluncur di Jepang Tak Masuk Indonesia, Lalu Gantinya Apa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Jazz Baru yang Meluncur di Jepang Tak Masuk Indonesia, Lalu Gantinya Apa?  (656682)
New Honda Jazz. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Teka-teki masa depan Honda Jazz di Indonesia masih belum juga terjawab. Eksistensi mobil hatchback Honda itu pun kini dipertanyakan.
ADVERTISEMENT
Apalagi, Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia juga sudah mengisyaratkan bahwa Honda Jazz terbaru yang meluncur pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, tak cocok untuk pasar Indonesia.
Itu artinya, peluang Honda Jazz terbaru itu masuk ke Indonesia pun tipis. Lantas, kini berbagai rumor lain pun mencuat terkait masa depan Honda Jazz di Indonesia.
Honda Jazz Baru yang Meluncur di Jepang Tak Masuk Indonesia, Lalu Gantinya Apa?  (656683)
Honda Jazz 2020 Foto: Ghulam M Nayazri/kumparan
Ada yang menyebutkan kiprah Honda Jazz tersebut akan digantikan dengan model hatchback lain, seperti Honda City Hatchback atau bahkan ditingkatkan menjadi hatchback crossover yang ada pada diri Honda WR-V. Bila benar demikian, itu artinya Honda Jazz akan bernasib sama seperti Suzuki Swift yang digantikan oleh Suzuki Baleno.
Menanggapi berbagai kemungkinan yang ada itu, Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan saat ini pihaknya masih terus mempelajari model seperti apa yang cocok dengan tren saat ini dan DNA sporty dari Honda Jazz pendahulu.
ADVERTISEMENT
"Yang penting DNA Sport yang melekat untuk hatchback itu harus tetap ada. Jadi itu selalu kami perhatikan, karena orang itu taunya Jazz dan hatchback itu harus sporty, ya," kata Billy pada virtual media conference, Senin (17/11).
Lebih lanjut, Billy menjelaskan dirinya juga tak menutup peluang terkait kemungkinan hadirnya model lain seperti City hatchback atau WR-V ke Indonesia menggantikan Honda Jazz GK5.
"Kami punya line-up memang cukup banyak, ya. Memang sekarang trennya seperti itu, ya, yang kecil-kecil dan SUV, ya, kami juga pelajari itu terus mana yang cocok untuk konsumen di sini," jelas Billy.
Honda Jazz Baru yang Meluncur di Jepang Tak Masuk Indonesia, Lalu Gantinya Apa?  (656684)
Honda WR-V. Foto: dok. Honda

Penjualan Honda Jazz di Indonesia

Menyoal performa penjualannya, Honda Jazz berhasil membukukan angka wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) sebesar 3.792 unit dari Januari hingga September 2020.
ADVERTISEMENT
Bila dibandingkan dengan rival terberatnya, Toyota Yaris, yang hanya 2.960 unit, jelas wholesales Honda Jazz itu jauh lebih besar. Pun saat dikomparasikan dengan Suzuki Baleno, yang hanya 1.967 unit, Honda Jazz masih lebih unggul.
Honda Jazz Baru yang Meluncur di Jepang Tak Masuk Indonesia, Lalu Gantinya Apa?  (656685)
Honda Jazz Foto: dok. PT HPM

Wholesales Hatchback Januari - September 2020:

  1. Honda Jazz - 3.792 unit
  1. Toyota Yaris - 2.960 unit
  1. Suzuki Baleno - 1.967 unit
  1. Mazda 2 - 382 unit
  1. Kia Rio - 22 unit
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)