Otomotif
·
1 Oktober 2020 10:14

Honda Jazz Bekas Rp 50 Jutaan, Tertarik Beli?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Jazz Bekas Rp 50 Jutaan, Tertarik Beli? (737041)
Honda Jazz. Foto: dok. Wikimedia
Masyarakat banyak yang beralih membeli mobil bekas ketimbang baru. Harganya lebih terjangkau, pilihannya banyak, dan paling utama bisa menyesuaikan kondisi finansial.
ADVERTISEMENT
Menurut penuturan Senior Manager Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, umumnya mobil bekas di bawah Rp 100 juta paling laris dibeli pada kondisi pandemi ini, seperti salah satunya Honda Jazz.
"Banyak, pokoknya 7-seater atau yang city car, Honda Jazz itu sekarang juga banyak yang nyari. Bekasnya yang dulu banget kan sudah murah," terangnya saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.
Honda Jazz Bekas Rp 50 Jutaan, Tertarik Beli? (737042)
Honda Jazz Generasi Pertama. Foto: Wikipedia
Soal harga jelas Her, sapaan akrabnya bisa bervariasi tergantung varian, tipe, dan kondisi tentunya. Paling murah ada di angka Rp 50 jutaan dan umumnya Rp 60 jutaan untuk Jazz yang paling lawas.
"Harga segitu termasuk barang yang laku ya, maksudnya enggak lama di showroom seminggu aja udah pasti ada yang beli," timpal pria ramah ini.
Honda Jazz Bekas Rp 50 Jutaan, Tertarik Beli? (737043)
Honda Jazz Generasi Kedua. Foto: Wikipedia
Mobil yang dimaksud Her adalah Honda Jazz bekas generasi awal yang dijual pada 2004 sampai 2007. Jazz model lawas ini juga dikenal dengan kode GD3.
ADVERTISEMENT
Mesin 1.500 cc berpadu dengan pengapian berteknologi iDSI atau Intelligent-Dual Sequential Ignition) yang menyemburkan tenaga 85 dk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 128 nm pada 2.700 rpm.
Setahun berikutnya, Honda meracik konfigurasi mesin baru yang lebih bertenaga dan irit BBM. Jazz 2005 ke atas sudah dibekali mesin 1.500 VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Hasilnya tenaga lebih ngacir menjadi 107 dk dan torsi 143 Nm.

Honda Jazz lawas yang sempat viral

Apabila ingat, hatchback ini juga sempat booming karena emblemnya. Ya, titik pada huruf J dari kata Jazz di pintu bagasinya kerap hilang dicongkel maling, karena dulu dianggap memiliki kandungan berlian dengan harga jual tinggi.
Coba meliriknya laman jual beli mobil bekas, ternyata benar. Banyak mobil yang diidentikkan dengan anak muda gaul ini dijual dari rentang harga Rp 50 sampai 60 jutaan. Semuanya rata-rata lansiran 2004 dan 2006 dengan berbagai kondisi.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, Anda tertarik membeli mobil dengan desain timeless ini? Barangkali nostalgia masa muda dulu.