Otomotif
·
21 Juli 2020 8:05

Honda Jazz Pamit dari Pasar Amerika Serikat, Penjualannya Merosot

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Jazz Pamit dari Pasar Amerika Serikat, Penjualannya Merosot (319852)
Honda Jazz Foto: dok. PT HPM
Honda Jazz dipastikan akan mengakhiri perjalanan panjangnya di pasar Amerika Serikat mulai tahun ini. Pabrikan berlogo 'H tegak' itu, tak lagi memasukkan nama Jazz dalam rencana produk penjualan mereka di tahun 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Carscoops, terus menurunnya penjualan Honda Jazz di pasar Amerika Serikat menjadi alasan utamanya. Berdasarkan data penjualan yang ada, terakhir kali Honda Jazz mampu terjual di atas 50 ribu unit dalam setahun, yakni pada 2016 dengan raihan 56.630 unit.
Raihan itu mulai menurun drastis pada 2018 menjadi hanya 35 ribu unit setahun dan terus menurun hingga saat ini. Penyebab merosotnya penjualan Jazz, tentu saja diakibatkan menurunnya minat masyarakat di negeri Paman Sam itu, terhadap mobil berjenis hatchback.
Honda Jazz Pamit dari Pasar Amerika Serikat, Penjualannya Merosot (319853)
Honda Jazz Facelift Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Selain Honda Jazz, sang rival Toyota Yaris sebelumnya juga telah mengkonfirmasi akan mengakhiri eksistensinya di Amerika Serikat pada tahun ini. Alasannya juga serupa, yakni penjualan yang terus menurun.
Meski telah resmi dihentikan penjualannya mulai tahun ini, Honda menjamin ketersediaan suku cadang Jazz akan tetap tersedia di Amerika Serikat.
Honda Jazz Pamit dari Pasar Amerika Serikat, Penjualannya Merosot (319854)
Honda Jazz Generasi Kedua. Foto: Wikipedia

Honda Civic Coupe dan Accord Manual juga disuntik mati di Amerika Serikat

Tak hanya Honda Jazz yang harus mengakhiri kiprahnya di Amerika Serikat, Civic Coupe dan Accord bertransmisi manual juga dipastikan mengalami hal serupa.
Honda Jazz Pamit dari Pasar Amerika Serikat, Penjualannya Merosot (319855)
Honda Accord Manual. Foto: dok. Carscoops
Sama seperti Honda Jazz, anjloknya penjualan juga menjadi penyebab utama dihentikannya penjualan Civic Coupe dan Accord manual. Pada tahun ini saja, Civic Coupe hanya mampu berkontribusi 6 persen dan Accord manual sebesar 2 persen dari total penjualan Honda di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)