Otomotif
·
8 Maret 2021 17:02

Honda Legend Meluncur, Punya Fitur 'Sopir Pengganti' Canggih Saat Macet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Legend Meluncur, Punya Fitur 'Sopir Pengganti' Canggih Saat Macet (350100)
Honda Legend varian baru meluncur di Jepang, Kamis (4/3). Foto: dok. Paultan
Honda Legend varian terbaru resmi meluncur di Jepang Kamis (4/3), teknologi otonomos level 3 pertama di dunia. Namun untuk gelombang pertama ini dijual terbatas 100 unit saja.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi resmi, banderol harga mobil mewah Honda ini mencapai 11 juta yen, atau berkisar Rp 1,5 miliar.
Lantas apa yang ditawarkan sedan semahal ini?
Sopir pengganti canggih saat macet
Model flagship ini punya fitur Traffic Jam Pilot (TJP), yang masuk dalam paket Honda Sensing Elite. Teknologi masuk dalam kualifikasi otonomos level 3.
Honda Legend Meluncur, Punya Fitur 'Sopir Pengganti' Canggih Saat Macet (350101)
Honda Legend varian baru meluncur di Jepang, Kamis (4/3). Foto: dok. Paultan
Level ini memungkinkan automated driving system (ADS) pada mobil, bisa melakukan tugas pengemudi. Cuma memang hanya untuk lingkungan tertentu. Dan peran pengemudi tetap diperlukan.
Seperti sopir pengganti, fitur Traffic Jam Pilot milik Honda ini dapat mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi dalam kondisi tertentu.
Ya Honda ingin pengemudi Honda Legend tak mengalami kondisi stres dan kelelahan, terutama saat menghadapi macet. Ketika sistem diaktifkan, pengemudi bisa melakukan kegiatan lain, seperti menonton atau navigasi.
Honda Legend Meluncur, Punya Fitur 'Sopir Pengganti' Canggih Saat Macet (350102)
Honda Legend varian baru meluncur di Jepang, Kamis (4/3). Foto: dok. Paultan
Fitur ini didukung peta 3 dimensi high-definition, global navigation satellite system (GNSS*3), sensor yang memantau sekeliling mobil.
ADVERTISEMENT
Masih ada juga fitur lepas tangan lain yang jadi keunggulan Honda Legend, seperti Adaptive Lane Driving, Active Lane Change Assist with Hand-off Function, serta Active Lane Change.

Mesin

Dapur pacu Honda Legend mengusung mesin 3.5-liter V6 menghasilkan tenaga sampai 377 dk, dikombinasi dengan 7-percepatan DCT. Penggeraknya Sport Hybrid SH-AWD (Super Handling All-Wheel Drive).
Honda Legend Meluncur, Punya Fitur 'Sopir Pengganti' Canggih Saat Macet (350103)
Honda Legend varian baru meluncur di Jepang, Kamis (4/3). Foto: dok. Paultan
Penggerak yang juga digunakan pada hypercar Acura NSX, menggabungkan tiga sistem motor gerak elektrik yang ada di dalamnya, yaitu; mesin bensin, single front motor, serta twin rear motor.
Sistem hybrid yang terdapat pada motor gerak ini dapat bisa secara otomatis pilihan front-wheel drive, rear-wheel drive serta all-wheel drive dengan EV Drive, Hybrid Drive, maupun Engine Drive.
Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengaku belum memiliki rencana untuk memboyong Honda Legend.
ADVERTISEMENT
"Semua produk baru yang diluncurkan di Indonesia harus sesuai dengan permintaan pasar dan kebutuhan konsumen. Sampai sekarang belum ada rencana," ucapnya kepada kumparan, Minggu (7/3).