Otomotif
·
6 Januari 2021 8:10

Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6728)
Honda PCX 160 berstiker kamuflase sedang dicoba di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Honda PCX 160 2021 kabarnya sudah menjalani test ride bersama media otomotif di Thailand pada 5 Januari 2021 kemarin, dengan tubuh yang masih diselubungi sticker kamuflase.
ADVERTISEMENT
Dari foto-foto yang diunggah di laman facebook Over Ride Magazine, bentuk bodi dan siluet khas kepunyaan Honda PCX. Lalu, ada juga beberapa detail yang ditampilkan.
Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6729)
Panel instrumen Honda PCX 160 di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Ya seperti salah satunya adalah panel instrumen, desain dan modelnya identik dengan PCX 160 untuk pasar Jepang dan Eropa. Ya, kini tampilannya berubah lebih modern dan informatif.

Fitur PCX 160

Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6730)
Honda PCX 160 berstiker kamuflase sedang dicoba di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Sayangnya tak dijelaskan lebih lanjut soal kelengkapan fitur. Seperti diketahui, PCX 160 di Jepang dibenamkan fitur baru yakni HSTC (Honda Selectable Torque Control) atau kontrol traksi.
Bisa saja untuk menekan harga, fitur tersebut diabsenkan untuk pasar Asia Tenggara. Namun bisa jadi juga nantinya Honda PCX dihadirkan dalam beberapa varian, untuk model paling tinggi disematkan fitur tersebut.
Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6731)
Honda PCX 160 berstiker kamuflase sedang dicoba di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Selebihnya untuk varian lain, fitur ABS (Anti-lock Braking System) bisa saja sudah jadi standar. Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara Honda PCX 160 juga dilengkapi fitur-fitur ini:
ADVERTISEMENT
  • Idling Stop System
  • Honda Smart Key
  • USB Port Type C
  • ACG Starter
  • Lampu Hazard
  • Bagasi 30 liter

Mesin eSP+ 4 katup

Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6732)
Mesin Honda PCX 160 di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Selain tampilan, yang juga jadi perbincangan adalah sektor dapur pacu. Honda PCX kini disuntik mesin baru eSP+ dengan kubikasi 157 cc yang sanggup memuntahkan tenaga 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak di 15 Nm pada 6.500.
Output itu melonjak cukup signifikan dari model terdahulu, jika dihitung ada peningkatan tenaga 3,6 dk dan torsi 2,2 Nm.
Tak cuma itu, Honda PCX yang sebelumnya menggunakan konfigurasi 2 katup, kini menggunakan 4 katup. Penggunaan mesin dengan 4 katup diklaim meningkatkan efisiensi pemasukan campuran udara dan bahan bakar sehingga bukan hanya lebih irit tapi juga bertenaga.
Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6733)
Honda PCX 160 berstiker kamuflase di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Lebih lanjut untuk kompresi mesin, Honda PCX 160 kini memIliki kompresi hingga 12:1. Racikan itu cukup besar untuk sebuah motor matik 150-an cc.
ADVERTISEMENT
Dalam sesi test ride di Thailand, beberapa menyebutkan jika mesin terbaru ini memang mengalami peningkatan tenaga. Mesin memberikan respons cepat sejak dari putaran mesin awal.
Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6734)
Honda PCX 160 berstiker kamuflase di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Oh iya, disebutkan pula jika dimensi PCX 160 terlihat gambot namun lebih pendek. Kemungkinan penyebabnya penggunaan velg baru berdimensi belang yakni 14 inci di depan dan 13 inci di belakang.
Sayangnya belum ada informasi menyoal harga PCX 160 di Thailand. Namun di Jepang motor ini dijual dengan harga 407.000 yen atau setara Rp 55,2 juta.

Sinyal kehadiran di Indonesia

Honda PCX 160 4 Katup Jalani Test Ride di Thailand, Indonesia Menyusul? (6735)
Honda PCX 160 berstiker kamuflase sedang dicoba di Thailand. Foto: Over Ride Magazine
Hadirnya Honda PCX 160 di Thailand membawa kabar positif untuk Indonesia. Ya, peminat skutik gambot milik sayap mengepak itu cukup banyak di sini.
Bisa saja, setelah Thailand, Indonesia yang mendapat giliran untuk meluncurkan generasi terbaru dari PCX.
ADVERTISEMENT
Memang belum ada informasi lebih lanjut dari Astra Honda Motor (AHM) soal Honda PCX 160 di Indonesia.
"Kami masih mempelajari responsnya (konsumen) seperti apa. Yang pasti sekarang kita fokus dengan current product (PCX 150) dulu, ya," kata General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin.
Namun, AHM akan meluncurkan produk terbaru pekan depan. Kehadiran produk baru dari Honda diketahui melalui sebuah undangan resmi AHM yang diterima kumparan.
Undangan itu bertuliskan, 'Undangan Virtual Press Conference dan Test Ride'. Namun sayang tak dijelaskan model apa yang akan dirilis.
Kira-kira model apa yang akan ditetaskan, Honda PCX 160? Tuliskan prediksimu di kolom komentar.