Otomotif
·
20 November 2020 7:57

Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21439)
Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda
Honda Motor Company memperkenalkan versi prototipe Honda Civic generasi terbaru pada Selasa (17/11/2020). Ini akan jadi generasi ke-11 dalam silsilah keluarga Honda Civic.
ADVERTISEMENT
Dalam perkenalan versi prototipenya itu, Honda sama sekali belum mau membocorkan spesifikasi dari Honda Civic. Mereka hanya menampilkan prediksi tampilan desainnya saja.
Dari tampilannya itu, Honda Civic terbaru terlihat punya tampilan yang lebih dewasa dengan ciri khas desain sporty dan macho. Pada bagian wajahnya, Honda Civic ini terlihat punya tampilan yang lebih simpel dengan grille kecil berwarna hitam yang diapit dua lampu berukuran ramping.
Lampu depannya itu juga terlihat punya tampilan yang menarik dengan desain lampu DRL memanjang di bagian atasnya. Turun ke bagian bawah, ada bumper depan yang punya desain sangat simpel namun tetap terlihat sporty, terutama pada bagian kisi-kisi udara di bagian tengah.
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21440)
Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda
Ubahan lain yang nampaknya jadi pembeda antara Civic generasi 11 ini dengan generasi 10 yang masih dipasarkan saat ini, yakni pada desain bodinya yang terlihat lebih rendah. Hal itu sangat jelas terlihat pada bagian kap mesinnya yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Geser ke sisi samping, Honda Civic ini punya desain lekukan bahu yang mirip dengan Honda Accord. Hal itu sangat jelas terlihat pada bagian lekukan kaca belakang yang dibuat sedikit memanjang. Terdapat juga velg berukuran besar yang punya desain sporty dengan penggunaan warna hitam.
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21441)
Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda
Lalu pada bagian belakangnya, tersemat lampu berbentuk horizontal yang punya desain cukup besar. Ada juga buah lampu reflektor berbentuk garis memanjang di sisi kanan dan kiri bumper, serta knalpot di bagian bawah kanan dan kiri.
Adapun warna bodi yang dipakai pada Honda Civic Prototipe ini, yaitu warna oranye dengan sebutan nama Solar Flare Pearl.
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21442)
Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda
Untuk desain interiornya, sayangnya belum ditampilkan oleh Honda. mereka hanya memberikan gambaran melalui sebuah sketsa gambar. Dari sketsa gambar itu, terlihat desain dasbor Honda Civic terbaru ini punya desain yang sangat simpel dengan kisi AC memanjang, layaknya pada Honda HR-V saat ini.
ADVERTISEMENT
Tersemat juga head unit layar sentuh model floating berukuran 9 inci, serta cluster instrumen digital. Sayangnya, tak ada ubahan signifikan pada bagian konsol tengahnya dan tuas transmisinya.
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21443)
Interior Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda
Sama seperti interior, Honda juga belum mau mengungkapkan pilihan mesin apa saja yang ada di mobil ini, termasuk kemungkinan penggunaan teknologi elektrifikasi hybrid atau plug-in hybrid.
Namun satu hal yang sangat mungkin, Honda nampaknya akan banyak menjejali mobil ini dengan paket fitur keselamatan terbaru dari Honda Sensing. Mengingat fitur Honda Sensing itu kini jadi salah satu hal yang paling dibanggakan oleh Honda.
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21444)
Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda

Honda Civic generasi 11 akan gunakan struktur bodi baru

Selain itu, Honda juga memastikan generasi terbaru dari Honda Civic ini akan dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru. Termasuk salah satunya penggunaan struktur bodi Advanced Compatibility Engineering Honda yang diklaim punya tingkat perlindungan sangat baik bagi penumpang dan pejalan kaki.
ADVERTISEMENT
Rencananya, tampilan versi produksi dari Honda Civic generasi 11 ini akan diperkenalkan pertama kali pada paruh musim tahun depan di Amerika Serikat. Model sedan pun akan jadi yang pertama diperkenalkan, lalu disusul model hatchback, Si, dan Type R.
Honda Ungkap Sosok Civic Generasi 11, Apa Saja yang Berubah?  (21445)
Honda Civic Prototype. Foto: dok. Honda
Mobil ini nantinya akan mulai masuk masa produksi pada awal 2022 mendatang di fasilitas produksi Honda di Greensburg, Indiana, Amerika Serikat.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)