Otomotif
·
19 Juni 2020 18:39

HPM Gelar Balap Virtual di Tengah Pandemi, Penetrasi Hadirkan Produk Baru?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
HPM Gelar Balap Virtual di Tengah Pandemi, Penetrasi Hadirkan Produk Baru? (151291)
Honda Civic Type R Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan Honda Racing Simulator Championship (HRSC), sebuah kompetisi balap Honda Civic Type R secara virtual dengan simulator.
ADVERTISEMENT
Kompetisi yang baru pertama kali dilaksanakan produsen otomotif di Indonesia itu digelar saat pasar otomotif nasional sedang terpuruk karena pandemi corona.
Data Gaikindo mencatat penjualan retail mobil nasional per Mei 2020 tercatat hanya mencapai 3.551 unit, turun 95,8 persen. Sementara Honda mencatat penjualan 101 unit, anjlok hingga 99,1 persen.
Lalu muncul pertanyaan, apakah kompetisi ini bagian dari strategi HPM untuk merangsang penjualan produk, seperti kampanye model yang akan diluncurkan tahun ini.
HPM Gelar Balap Virtual di Tengah Pandemi, Penetrasi Hadirkan Produk Baru? (151292)
Ilustrasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship. Foto: HPM
Merespons hal tersebut, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy, dengan tegas membantahnya. Menurut Billy, tujuan dari kompetisi ini karena produk-produk Honda memang identik dengan DNA racing dan sporty.
"Kami mengadakan ini bukan karena akan meluncurkan produk tertentu, tapi seperti kita ketahui Honda itu melekat sekali unsur sporty-nya dan juga banyak teknologi yang kita dapat dari lintasan balap jadi sesuai dengan image Honda yang identik dengan balap," kata Billy saat diskusi virtual, Kamis (18/6).
ADVERTISEMENT
Sementara Communication Strategy Manager PT HPM, Adhi Parama Sugarda, menjelaskan ide mengadakan HRSC tercetus bukan karena adanya pandemi corona.
"Ide balap simulator ini bukan karena ada pandemi saja, tapi dari awal kami ingin mengadakan ajang balap yang tidak hanya pebalap saja tapi, juga masyarakat luas," tambahnya.
HPM Gelar Balap Virtual di Tengah Pandemi, Penetrasi Hadirkan Produk Baru? (151293)
Simulasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship Foto: HPM
Berkaitan dengan itu, Billy menyebut, sekarang masyarakat mulai sering menggunakan media sosial dan platform digital, sehingga kompetisi akan disiarkan langsung melalui akun YouTube dan Facebook @hondasime pada 5 Juli-29 Agustus 2020.
"Ke depannya kami melihat platform digital akan terus berkembang, sehingga kami akan melakukan evaluasi di tahun ini dan mempelajari untuk melanjutkannya di tahun-tahun mendatang," ujarnya.
Sebelumnya, Billy juga pernah mengatakan HPM lebih fokus menjalankan strategi penjualan mobil dengan memanfaatkan website dan media sosial selama masa PSBB.
ADVERTISEMENT
Beberapa program marketing Honda melalui media digital pun sudah dilakukan, seperti paket hemat pembelian Honda Brio, Mobilio, HR-V, BR-V, dan Jazz secara online
"Penjualan kita fokus ke media digital dari website resmi, tapi masih bisa datang ke diler. Loyalis honda bisa melihat produk dari Facebook terkait pemesanan, di marketplace juga ada," jelasnya beberapa waktu lalu.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.