Otomotif
·
7 September 2020 14:00

Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26691)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Hyundai Motor Company resmi memperkenalkan Hyundai Kona facelift dan Kona varian N Line pada Selasa (1/9) lalu.
ADVERTISEMENT
Ini jadi penyegaran pertama yang didapatkan oleh Kona sejak pertama kali meluncur pada 2017 lalu. Masih menyasar segmen SUV Kompak, Hyundai Kona facelift ini hadir dengan beberapa ubahan minor pada bagian eksterior.
Hadir dengan dimensi yang lebih panjang 40 mm dari model pre-facelift, Hyundai nampaknya tetap berupaya mempertahankan nilai futuristik dan dinamis pada desain Kona facelift.
Inspirasi desain kami berasal dari semangat positif ini, dan ini adalah dedikasi untuk semua petualang di luar sana yang menjelajahi kehidupan dengan senyuman,” ujar Lee Sang Yup, Wakil Presiden Senior Kepala Pusat Desain Global Hyundai.

Ubahan eksterior dari Hyundai Kona facelift

Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26692)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Ubahan paling mencolok terdapat pada desain wajahnya. Kona facelift tetap mempertahankan desain lampu dua tingkat dengan lampu DRL LED yang tipis di bagian atas dan lampu utama yang ramping di bagian bawahnya.
Desain lampu itu berpadu manis dengan desain grille baru yang kini sedikit lebih lebar. Pada bagian bawahnya, Hyundai Kona dibekali dengan bumper baru yang dibuat seolah menyambung hingga bagian fender samping.
Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26693)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Tidak lupa, untuk mempertegas kesan sebuah SUV, Hyundai Kona juga hadir dengan underguard yang cukup lebar pada bagian bawahnya dan mempunyai warna yang kontras dengan bodinya.
ADVERTISEMENT
Bergeser ke samping, Hyundai nampaknya mencoba menghadirkan kesan sporty dan macho pada Kona versi penyegaran ini. Hal itu terlihat dari kombinasi warna dua nadanya serta fender yang punya bentuk cukup lebar.
Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26694)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Velg dengan desain baru berukuran 17 dan 18 inci berkelir 2 warna juga disematkan oleh Hyundai pada bagian samping Kona facelift ini.
Lalu untuk bagian buritannya, Hyundai melakukan ubahan pada lampu belakangnya yang kini punya ukuran sedikit lebih lebar. Serupa seperti bagian depan, Hyundai juga menyematkan bumper baru di bagian belakang yang lagi-lagi dibuat seolah menyambung ke sisi fender samping roda belakang.
Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26695)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Pilihan warna yang ditawarkan pada Kona facelift ini ada 10 pilihan, yakni Surfy Blue sebagai hero colour, Dive in Jeju, Ignite Flame, Cyber Grey, Misty Jungle, Phantom Black, Chalk White, Dark Knight, Pulse Red, dan Galactic Grey.
ADVERTISEMENT

Interior baru di Hyundai Kona facelift

Pada bagian dalamnya, ubahan yang dilakukan tidaklah banyak. Berbeda dari sebelum facelift yang hadir dengan banyak nuansa garis merah pada bagian dalamnya, kali ini justru tampil lebih kalem tanpa ada garis motif berwarna merah.
Beberapa ubahan minor terlihat dilakukan oleh Hyundai pada Kona facelift ini, seperti pada kisi-kisi AC yang kini dilingkari oleh aksen krom, hadirnya ambient light pada cup holder, serta desain dasbor yang kini terlihat lebih halus.
Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26696)
Interior Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Warna gelap terlihat coba ditonjolkan oleh Hyundai pada dasbor, doortrim, dan jok dari Kona facelift ini. Untuk joknya sendiri, kini hadir dengan bahan houndstooth berwarna hitam. Terdapat juga opsi pilihan jok kulit berwarna gelap bagi Anda yang rela membayar dengan harga lebih.
ADVERTISEMENT
Dengan penambahan dimensi 40 mm, Hyundai Kona facelift ini kini punya kapasitas bagasi dan ruang kaki untuk baris kedua yang sedikit lebih lapang.
Untuk urusan informasi, Hyundai Kona dibekali dengan layar instrumen digital berukuran 10,25 inci. Layar instrumen itu tidak hanya menampilkan kecepatan saja, namun juga informasi kondisi kendaraan, Blue Link, sistem navigasi terbaru, serta informasi parkir langsung yang dapat dimanfaatkan oleh pengemudi saat sedang mencari tempat parkir yang kosong di sebuah area parkir.
Sementara untuk fitur hiburannya, hadir layar head unit model floating dengan ukuran 8 inci. Head unit itu mampu mengakomodir penggunaan Android Auto, Apple CarPlay, konektivitas nirkabel, AUX dan USB.
Beberapa fitur penunjang kenyamanan juga dihadirkan di bagian dalam Kona facelift ini, seperti panoramic roof, port USB hingga baris kedua, dan pengaturan ketinggian kursi yang sayangnya masih manual.
ADVERTISEMENT

Fitur keselamatan dan bantuan mengemudi yang lengkap di Kona facelift

Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26697)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Tidak ketinggalan, berbagai fitur keselamatan terkini serta bantuan mengemudi canggih juga dihadirkan pada Hyundai Kona facelift ini.
Berikut fitur keselamatan dan bantuan mengemudi di Hyundai Kona facelift.
  • Smart Cruise Control (SCC) dengan fungsi stop and go
  • Blind Spot Collision Avoidance Assist (BSCAA)
  • Leading Vehicle Departure Alert (LVDA
  • Lane Following Assist (LFA)
  • Forward Collision Avoidance Assist (FCAA)
  • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
  • Rear Seat Alert (RSA)
  • Safe Exit Warning (SEW)
  • Intelligent Speed Limit Warning (ISLW)
  • eCall
  • Airbags
  • Antilock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake-force Distribution (EBD)

Mesin Hyundai Kona facelift

Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26698)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1
Pada balik kap mesinnya, Hyundai Kona facelift ditawarkan dalam 5 pilihan mesin, yakni bensin 1.0 liter turbocharger, bensin 1.6 liter turbocharger, bensin 1.0 liter turbocharger dengan mild hybrid, diesel 1.6 liter turbocharger dengan mild hybrid, dan bensin 1.6 liter hybrid.
ADVERTISEMENT
Berikut data lengkapnya.
  1. Mesin bensin 1.0 liter turbocharger, tenaga 118 dk dan torsi 170 Nm untuk transmisi intelligent manual 6 percepatan dan 200 Nm untuk transmisi otomatik 7 percepatan dengan kopling ganda.
  1. Mesin bensin 1.6 liter turbocharger, tenaga 195 dk dan torsi 265 Nm, sistem transmisi otomatik 7 percepatan dengan kopling ganda.
  1. Mesin bensin 1.0 liter turbocharger dengan mild hybrid 48 volt, tenaga 118 dk dengan sistem transmisi otomatik 7 percepatan kopling ganda dan intelligent manual 6 percepatan.
  1. Mesin diesel 1.6 liter turbocharger dengan mild hybrid 48 volt, tenaga 134 dk dengan sistem transmisi otomatik 7 percepatan kopling ganda dan intelligent manual 6 percepatan.
  1. Mesin bensin 1.6 liter dengan motor listrik 32 kW dan baterai lithium polymer 1.56 kWH, tenaga 139 dk dengan sistem transmisi otomatik 6 percepatan kopling ganda.
Hyundai Kona Facelift Mengaspal, Usung Teknologi Mild Hybrid (26699)
Hyundai Kona facelift. Foto: dok. Motor1

Kapan dipasarkan?

Meski telah resmi diperkenalkan, sayangnya Hyundai belum mau membocorkan harga dari Kona facelift ini. Diperkirakan Hyundai Kona facelift ini akan mulai dipasarkan terlebih dahulu di Korea Selatan dan pasar Eropa pada akhir 2020. Menyusul kemudian untuk Kona hybrid pada awal 2021.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)