India Rilis Mobil Listrik Murah Rp 150 Jutaan, Bentuknya Mirip Brio

30 September 2022 15:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tata Tiago EV. Foto: dok. Carscoops
zoom-in-whitePerbesar
Tata Tiago EV. Foto: dok. Carscoops
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pabrikan otomotif asal India, Tata Motors, merilis mobil listrik murah meriah. Harganya sekitar Rp 158 jutaan dalam bentuk hatchback kecil. Bila disandingkan seperti mobil perkotaan Honda Brio.
ADVERTISEMENT
Dalam laporan Carscoops, Tata menawarkannya dalam dua tipe: standar atau long range. Mengingatkan akan tipe Wuling Air ev.
Versi standar, kapasitas baterainya 19 kWh yang menjanjikan daya tempuh 250 kilometer. Adapun satunya lagi sesuai namanya --long range-- bisa menyimpan daya hingga 24 kWh dan mampu melaju sejauh 315 kilometer.
Metode pengetesannya menggunakan Modified Indian Driving Cycle (MIDC) serupa NEDC yang mengukur kemampuan potensial. Bisa dibilang secara realita atau faktual di jalan raya bisa berbeda.
Tata Tiago EV. Foto: dok. Carscoops
Versi standar dilengkapi motor listrik dengan tenaga maksimum mencapai 60 dk dengan torsi sebesar 110 Nm. Kemudian untuk model jarak jauh mendapatkan motor penggerak bertenaga 74 hp dan torsi sedikit lebih besar pada 114 Nm.
Pengisian daya mobil listrik ini menggunakan 3,3 kW dalam pengecasan normal. Pembelinya juga mendapatkan pengisi daya on-board 7,2 kW yang ditingkatkan dengan biaya tambahan.
ADVERTISEMENT
Tata mengatakan bahwa Tiago EV akan mendukung pengisian cepat, tetapi belum diketahui daya sebenarnya yang digunakan. Pabrikan hanya mengatakan dalam pengisian cepat selama 30 menit, mobil sudah bisa menempuh jarak 110 km.
Interior Tata Tiago EV. Foto: dok. Carscoops
Tipe tertingginya atau Long Range punya nama XZ+ Tech Lux dengan harga berkisar Rp 287 juta. Fitur-fitunya yakni automatic climate control, rain-sensing wipers and automatic headlights.
Disematkan pula cruise control, sensor parkir belakang dan kamera sebagai keamanannya. Pengeremannya sudah menggunakan multi-mode regenerative braking.
Tata Motors akan membuka pemesanan mobil listrik murah ini pada tanggal 1 Oktober dan mulai mengantarnya ke konsumen pada awal Januari 2023.