Otomotif
·
2 Desember 2020 10:00

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233042)
7 PO Bus di Selatan Pulau Jawa. Foto: Dok. Istimewa
Pilihan bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi di jalur selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah makin sedikit.
ADVERTISEMENT
Alasan utamanya lantaran tol Trans Jawa khususnya tol Cipali yang sudah dibuka. Apalagi, ada pertimbangan waktu tempuh yang lebih cepat.
Nah berikut kumparanOTO rangkum beberapa PO bus yang masih melayani jalur lintas selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

1. PO Budiman

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233043)
PO Budiman di jalur selatan Jawa. Foto: dok. PO Budiman
Perusahaan otobus asal Tasikmalaya, PO Budiman jadi salah satu yang masih bertahan melayani trayek selatan Jawa Barat hingga kini. PO bus yang telah ada sejak 1992 ini juga dijuluki sebagai penguasa jalur selatan.
Julukan itu sendiri tak terlepas dari trayek yang dilayani PO Budiman yang semuanya berada di jalur selatan. Adapun, kota-kota yang dilayani oleh bus yang identik dengan livery abu-abu ini, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Merak, Serang, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Purwakarta, Subang, Cimahi, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Banjar, Pangandaran, Sidareja, Cilacap, Wonosobo, Purwokerto, Purbalingga, Yogyakarta, Magelang, Wonogiri, Solo, hingga Semarang.
ADVERTISEMENT
Menyoal sasis bus yang digunakan PO Budiman, terbilang beraneka macam, mulai dari Mercedes-Benz, Hino, Volvo, hingga Mitsubishi. Sementara untuk karoserinya, PO Budiman rupanya juga pernah menggunakan berbagai macam karoseri, mulai dari Adi Putro, Laksana, Tentrem, Rahayu Sentosa, Tri Sakti, Tugasanda, hingga Merpati Bali.
Salah satu ciri khas yang jadi kesukaan para penumpang terhadap layanan PO Budiman ini, yaitu selalu berhenti tepat waktu saat azan salat tiba. Rupanya, ini jadi salah satu standar operasional wajib, yang diterapkan oleh manajemen PO Budiman.

2. PO Doa Ibu

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233044)
PO Doa Ibu di jalur selatan Jawa. Foto: dok. PO Mayasari Bhakti Group
Selanjutnya ada PO Doa Ibu yang juga berasal dari kota yang sama dengan PO Budiman, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Untuk rute yang dilayani PO Doa Ibu, saat ini memang masih berfokus di selatan Jawa Barat saja, seperti Jakarta, Depok, Merak, Tangerang, Cikarang, Cikampek, Cianjur, Cileunyi, Tasikmalaya, Garut, Limbangan, Rajapolah, Banjar, Pangandaran, Karang Nunggal, Sidareja, Cilacap, dan Karangpucung.
ADVERTISEMENT
PO bus yang identik dengan warna biru kuning ini termasuk salah satu PO bus yang setia menggunakan sasis dari Hino. Pun dengan balutan bodinya yang didominasi bodi garapan karoseri Laksana.
Hal unik yang jadi ciri khas armada-armada bus dari PO Doa Ibu, yakni penyematan doa naik kendaraan bagi umat muslim di setiap jok penumpangnya.

3. PO Aladdin

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233045)
PO Aladdin di jalur selatan Jawa. Foto: dok. PO Aladdin
Berikutnya ada PO Aladdin yang juga berasal dari selatan Jawa Barat, tepatnya kota Ciamis. PO bus yang berdiri sejak era 1960an ini mencapai masa kejayaannya sebagai penguasa jalur selatan Jawa Barat pada era 1970an hingga awal 2000an.
Kala itu, hampir sebagian besar warga selatan Jawa Barat, khususnya Ciamis, mengandalkan PO Aladdin untuk berpergian. Sayangnya, banyak gempuran PO-PO bus baru membuat eksistensi PO Aladdin mulai meredup di pertengahan tahun 2000an.
ADVERTISEMENT
Kini di tahun 2020, PO Aladdin tidak lagi melayani rute arah Jakarta, dan hanya fokus melayani rute Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Karang Pucung, Cilacap, Wangon, Majenang, Purwokerto, Rawalo, Tegal, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

4. PO MGI

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233046)
PO MGI di jalur selatan Jawa. Foto: dok. PO Mayasari Bhakti Group
PO Maya Gapura Intan atau yang lebih populer disebut PO MGI, merupakan salah satu PO bus yang masih bertahan melayani rute selatan Jawa Barat hingga saat ini.
Bus yang identik dengan warna biru ini, merupakan anak perusahaan dari PO bus legendaris Mayasari Bhakti. Rute trayek yang dilayani oleh PO MGI saat ini, yaitu Jakarta, Depok, Bogor, Sukabumi, Padalarang, Cimahi, Bandung, Cileunyi, dan Garut.

5. PO Gapuraning Rahayu

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233047)
PO Gapuraning Rahayu di jalur selatan Jawa. Foto: dok. PO Gapuraning Rahayu
Masih dari selatan Jawa Barat, tepatnya kota Ciamis, terdapat PO Gapuraning Rahayu, yang hingga kini masih terus bertahan melayani rute bus AKAP di jalur selatan Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Bus yang sudah ada sejak tahun 1977 ini, dikenal akan warna busnya yang didominasi putih hijau dan hijau kuning. Berawal dari 5 unit bus kecil Mitsubishi, PO Gapuraning Rahayu pun terus melebarkan sayapnya.
Kini, berbagai sasis bus unggulan pun dimiliki oleh PO Gapuraning Rahayu, seperti Hino, Mitsubishi, hingga Mercedes-Benz. Menyoal rute yang dilayaninya, saat ini PO Gapuraning Rahayu masih setia melayani trayek Jakarta, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Sidareja, Karangpucung, Cilacap, Wangon, Kawunganten, hingga Kroya Jawa Tengah.

6. PO Efisiensi

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233048)
PO Efisiensi di jalur selatan Jawa. Foto: dok. PO Efisiensi
Bergeser sedikit ke Jawa Tengah, terdapat PO Efisiensi yang juga mendominasi jalur selatan Pulau Jawa, khususnya wilayah Jawa Tengah.
PO bus asal Jawa Tengah ini dikenal memiliki livery warna bus yang cerah dengan penggunaan warna-warna terang, seperti hijau muda, oranye, kuning, hingga pink. Selain dikenal punya warna bus cerah, salah satu hal yang membuat banyak orang menyukai PO Efisiensi ini yaitu armada busnya yang mewah, serta pelayanannya yang memuaskan.
ADVERTISEMENT
Selain beroperasi sebagai bus AKAP, PO Efisiensi juga dikenal sebagai bus yang melayani trayek antar jemput bandara, khususnya bandara Adi Sucipto dan bandara Yogyakarta di Kulonprogo.
Menyoal rutenya, PO Efisiensi melayani beberapa kota di Jawa Tengah, seperti Cilacap, Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta, Sleman, Magelang, Temanggung dan Semarang.

7. PO Sumber Alam

Ini 7 PO Bus yang Masih Setia Layani Jalur Selatan Pulau Jawa (233049)
Bus Sumber Alam. Foto: dok. Sumber Alam
Terakhir ada PO Sumber Alam yang sejak era 1975an hingga saat ini masih setia melayani trayek selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bus yang identik dengan livery warna biru putih dan biru silver ini merupakan bus kebanggaan warga Purworejo.
Berbagai sasis bus pun pernah digunakan oleh Sumber Alam, mulai dari Hino, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Dodge, hingga merek sasis bus asal China, Golden Dragon. Sementara untuk bodinya, PO Sumber Alam dikenal setia menggunakan sasis garapan Laksana sejak dahulu.
ADVERTISEMENT
Adapun rute yang dilayani PO Sumber Alam saat ini, yaitu Purworejo, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Sumpiuh, Banyumas, Wangon, Ajibarang, Purwokerto, Cilacap, Jakarta, Merak, Cilegon, Serang Tangerang, Prembun, Magelang, Jogjakarta, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, hingga Semarang.
Selain 7 PO bus yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi PO bus legendaris lainnya yang juga melayani rute selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Hanya saja, beberapa di antaranya kini sudah tak beroperasi lagi akibat kalah bersaing.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)