Otomotif
·
17 September 2020 14:12

Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor (74648)
Ilustrasi ganti oli mesin motor Foto: dok. Istimewa
Perawatan motor yang wajib dilakukan setiap pemiliknya salah satunya adalah ganti oli secara rutin dan pakai produk yang berkualitas. Tentunya apabila hal tersebut diabaikan, kemungkinan besar bisa berdampak buruk pada dapur pacu motor.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena volume oli lama-lama bisa berkurang akibat penguapan di dalam ruang mesin. Selain itu wujudnya juga bisa menjadi lebih kental manakala tidak pernah ganti oli.
Bahkan kalau sengaja oli tidak diganti, pelumas yang tadinya kental jadi makin mengendap menyerupai lumpur seperti karamel dan susah dibersihkan.
Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor (74649)
Ilustrasi ganti oli motor. Foto: Shutterstock
Kalau sudah begitu fungsi oli tentunya sudah tidak mampu melumasi dan membersihkan komponen mesin dari karbon. Akibatnya bisa menyebabkan kerusakan permanen pada suku cadangnya.
Gejala pertama yang bisa dirasakan adalah tarikan mesin lebih berat, getaran mesin juga makin terasa, serta timbul suara mesin yang kasar. Dampak lainnya adalah konsumsi BBM lebih boros karena gesekan antar komponen yang semakin besar.

Pakai oli mesin motor yang berkualitas

Nah tidak mau kan hal tersebut terjadi di motor kesayangan Anda?
ADVERTISEMENT
Kuncinya selain mengganti oli sesuai anjuran pabrikan, juga menggunakan oli terbaik dan disesuaikan dengan tipe motornya.
Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor (74650)
Ragam pelumas Pertamina Enduro. Foto: dok. Istimewa
Seperti pelumas Pertamina Enduro, yang banyak variasinya. Bahkan tersedia untuk tipe racing juga sport. Selain itu, pilihannya terbagi lagi untuk motor manual maupun oli motor matik.
Jika motor Anda jenisnya matik, maka produk yang cocok adalah Pertamina Enduro Matic 10W-30 dan Enduro Matic G 20W-40. Semuanya tersedia atas pilihan 0,8 atau 1 liter, tinggal sesuaikan dengan tangki oli.
Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor (74651)
Oli Pertamina Enduro Matic 10W-30. Foto: dok. Istimewa
Oh iya untuk keunggulannya, oli yang pertama ini telah memenuhi standar JASO MB dan API SL, makanya cocok untuk semua jenis motor matik.
Kandungan yang disebut Moly Additive pada oli tersebut mendukung mesin untuk selalu mengeluarkan performa terbaiknya, sekaligus tetap efisien konsumsi BBM-nya.
Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor (74652)
Oli Pertamina Enduro Matic G 20W-40. Foto: dok. Istimewa
Sementara tipe oli kedua, juga sudah mengikuti standar JASO MB maupun API SL. Kandungan Enduro Matic G 20W-40 berfungsi mendukung mesin memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi, maupun degradasi karena panas mesin, sehingga umur pakainya lebih panjang guna melindungi mesin.
ADVERTISEMENT
Boleh dibilang Enduro Matic G 20W-40 cocok untuk motor matik yang sering melewati kemacetan dan mesin motor yang relatif hidup lebih lama.
Ini Akibatnya Jika Lalai Ganti Oli Motor (74653)
Oli Pertamina Enduro Matic 4T SAE 20W-50 Foto: dok. Istimewa
Nah untuk Anda pengguna motor bebek, tipe oli yang cocok adalah Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50. Keunggulannya memiliki kekentalan yang stabil pada temperatur rendah, sehingga memudahkan sirkulasi pelumas pada saat dinyalakan.