Otomotif
·
28 September 2020 9:58

Ini Bahayanya Bila CVT Motor Matik Tak Pernah Diperiksa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Bahayanya Bila CVT Motor Matik Tak Pernah Diperiksa (392485)
Layout ruang CVT baru. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pemilik motor matik dianjurkan untuk selalu rutin memeriksa kondisi kendaraannya, khususnya bagian sistem Continuous Variable Transmission (CVT).
ADVERTISEMENT
Sebagai penggerak roda belakang yang berfungsi menggerakkan laju motor matik, kondisi CVT tentu harus selalu dalam kondisi prima. Salah satu komponen pada CVT yang harus selalu diperhatikan kondisinya, yakni belt atau sabuk.
Belt sendiri merupakan penghubung antara drive pulley depan dan belakang. Dan bila terputus, motor pun tidak akan bisa melaju meskipun dalam kondisi menyala.
Penyebab belt putus ini beraneka macam ya, namun umumnya karena aus akibat pemakaian atau perawatan yang tidak rutin," jelas kepala mekanik Planet Ban, Arie Saputra, seperti dalam rilis yang kumparan terima.
Ini Bahayanya Bila CVT Motor Matik Tak Pernah Diperiksa (392486)
Ilustrasi servis CVT, CVT getar Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nah, sayangnya meski memiliki peranan yang sangat penting, pemilik motor matik justru seringkali abai memeriksa kondisi CVT-nya khususnya bagian belt.
"Memang banyak pemiliki motor matik yang alpa memeriksa komponen ini karena posisinya memang tertutup. Apalagi untuk melepasnya itu membutuhkan alat khusus seperti trekker dan sabuk pengikat," ucap Arie.
Ini Bahayanya Bila CVT Motor Matik Tak Pernah Diperiksa (392487)
Cover CVT Honda Vario 125 yang sudah dilepas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Dengan proses pemeriksaannya yang sulit tersebut, tak heran jika banyak pemilik motor yang malas untuk memeriksanya. Padahal, bila komponen CVT tersebut rajin diperiksa dan dibersihkan, maka akan memiliki usia pakai yang lebih panjang.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, apabila jarang diperiksa dan dibersihkan, sudah pasti usia pakai belt dan komponen lain yang ada pada sistem CVT pun akan jadi cepat getas atau aus. Bila sudah begitu, maka solusi satu-satunya, yakni harus mengganti dengan komponen yang baru.
Ini Bahayanya Bila CVT Motor Matik Tak Pernah Diperiksa (392488)
Komponen CVT motor matik. Foto: Bagas Putra Riyadhana

Planet Ban hadirkan paket perawatan CVT motor matik

Melihat banyaknya kasus pemilik motor matik yang malas melakukan pemeriksaan dan perawatan pada komponen CVT-nya, Planet Ban pun menghadirkan penawaran pemeriksaan sekaligus pembersihan dan perawatan komponen CVT motor matik dengan hanya membayar Rp 39 ribu saja.
"Belt akan diperiksa kondisinya, jika secara fisik belum menunjukkan gejala getas atau pecah-pecah, belt akan disemprotkan dengan cairan belt conditioner supaya kembali lentur," terang Arie.
Ini Bahayanya Bila CVT Motor Matik Tak Pernah Diperiksa (392489)
Planet Ban. Foto: dok. Planet Ban
Selain memeriksa dan membersihkan komponen CVT, konsumen juga akan mendapatkan pembersihan bagian throttle body, filter udara, serta pemeriksaan komponen busi, aki, rem, radiator, ban, dan ECU.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)