kumparan
search-gray
Otomotif31 Juli 2020 19:21

Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin

Konten Redaksi kumparan
Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin (39001)
Kisi-kisi AC pada dashboard MG ZS Foto: dok. MG Motor Indonesia
AC mobil yang sudah terasa kurang dingin pastinya mengganggu kenyamanan. Terlebih jika sudah disetel paling dingin tapi hawa kabin tak kunjung sejuk, tentu membuat jengkel siapa pun pengemudi maupun penumpangnya.
ADVERTISEMENT
Kepala Bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro cabang Serpong, Husein mengatakan penyebab utama AC kurang sejuk karena adanya kebocoran pada saluran pendingin.
"Biasa dan paling sering terjadi karena selang maupun pipa saluran itu kebanyakan pada bocor, makanya suka terjadi dinginnya itu kadang ada kadang hilang," ungkap Husein saat ditemui kumparan di workshop-nya belum lama ini.
Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin (39002)
Pengecekan kebocoran selang AC. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Manakala sudah terjadi, maka harus dicari dulu sumber kebocorannya. Jika memang AC sudah tidak dingin, maka perlu 'turun dashboard' untuk mencari biang keroknya. Sementara kalau AC masih bisa menghembuskan udara dingin, tinggal copot beberapa selang maupun pipa yang tersambung lalu dicek letak bocornya.
"Jadi cara ngeceknya tuh seperti ban yang bocor. Selang dicopot terus dikasih udara bertekanan, ujungnya ditutup, nanti kalau ada bocor keluar anginnya," jelasnya lagi.
Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin (39003)
Selang AC pada mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Umpama pipanya terbuat dari bahan logam, maka cara menambalnya adalah dengan mengelasnya. Sedangkan pipa yang berbahan elastis tidak ada cara lagi selain harus mengganti dengan yang baru.
ADVERTISEMENT
"Bocor itu biasanya selain umur, juga kan karena panas. Kena panas mesin lama-lama getas, retak, enggak elastis lagi makanya bikin bocor," tutur Husein menjelaskan penyebab kebocoran selang AC mobil.
Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin (39004)
Selang AC mobil yang sedang dilas Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Ketika bocor, maka distribusi freon atau refrigerant dari evaporator menuju kondensor atau penyaluran dari kondensor ke evaporator tidak maksimal. Ya sederhananya ada gas atau cairan refrigerant yang terbuang, sehingga hawa yang terasa pun kurang dingin.
Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin (39005)
Pengecekan kebocoran selang AC setelah dilas. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Biaya servis AC mobil

Biaya servis AC mobil khususnya menambal kebocoran selang biayanya sekitar Rp 100 sampai 400 ribuan, tergantung tingkat kebocoran. Itu belum termasuk isi freon, yang harganya juga bervariasi mulai dari Rp 150 sampai 350 ribu.
Ini Dia Penyebab Utama AC Mobil Enggak Dingin (39006)
Pengisian freon AC mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Rotary Bintaro juga menerima pengecekan kerusakan AC yang harga jasanya dari cuma-cuma hingga Rp 200 ribu. Apabila diteruskan sampai pembersihan biayanya Rp 100 sampai 150 ribu.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk perawatan kondensor mulai Rp 100 sampai 200 ribu. Sedangkan perawatan dengan penanganan khusus lagi seperti ganti oli kondensor, flushing maupun komponen piston berkisar Rp 300 sampai 800 ribu.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white