Otomotif
·
21 Desember 2018 12:01

Ini Kesalahan Mencuci Motor yang Bikin Air Merembes ke Tangki Bensin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Kesalahan Mencuci Motor yang Bikin Air Merembes ke Tangki Bensin (83682)
Perawatan sepeda motor (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Intensitas cuci motor tentu akan lebih banyak saat musim hujan tiba. Fungsinya untuk melepas dan merontokkan segala macam kotoran yang menempel pada seluruh permukaan motor.
ADVERTISEMENT
Hanya saja jangan asal cuci, apalagi menggunakan semprotan air yang bertekanan. Salah-salah membuat air merembes masuk ke dalam tangki bahan bakar melalui mulut tangki bensin.
“Sebaiknya hindari penggunaan semprotan air yang bertekanan untuk mencuci motor, gunakan air yang mengucur (tanpa tekanan) agar air tidak merembes ke tutup bensin,” jelas Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno saat dihubungi kumparanOTO, Kamis (20/12).
Ini Kesalahan Mencuci Motor yang Bikin Air Merembes ke Tangki Bensin (83683)
Ilustrasi mencuci motor sport (Foto: dok. Motorcyclist)
Meski begitu apabila hanya tersedia selang air bertekanan, hindari menyemprotnya langsung pada bagian tangki, khususnya bagian atas tangki motor sport.
“Untuk motor tipe sport, pada waktu cuci perhatikan agar semprotan air yang bertekanan jangan langsung ke tutup tangki, dikhawatirkan air masuk ke celah tutup tangki,” imbuh Endro.
ADVERTISEMENT
Endro kembali menjelaskan, mencuci motor dengan semprotan air bertekanan sama halnya saat motor menerjang banjir. Air akan mudah menyelinap melalui sela-sela tutup tangki.
Adapun untuk mengeringkannya, hindari juga penggunaan angin yang bertekanan. Sisa air yang menempel pada bodi tangki, maupun tutupnya saat tertiup angin bisa masuk melalui celahnya, akibatnya sudah tentu air tetap saja masuk meski tidak banyak.
Selebihnya untuk tipe motor selain sport, berdasarkan penuturan Endro tutup tangkinya jauh lebih aman karena tertutup jok. "Kalau motornya matik dan cub (motor bebek) tangkinya kan ketutup jok, jadinya relatif aman kalau misalnya dicuci dengan cara disemprot air bertekanan," tambahnya lagi.
Ini Kesalahan Mencuci Motor yang Bikin Air Merembes ke Tangki Bensin (83684)
Perawatan Sepeda Motor (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)