Otomotif
·
14 Januari 2021 5:35

Ini Mobil Bekas yang Laris Manis di Awal 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Mobil Bekas yang Laris Manis di Awal 2021  (126329)
Pilihan mobil bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Segmen mobil bekas diyakini masih terus diminati masyarakat di awal tahun 2021. Faktor harga yang terjangkau dengan pilihan mobil yang berlimpah, jadi alasan banyak orang memilih membeli mobil bekas.
ADVERTISEMENT
Dari berbagai jenis dan merek mobil bekas yang ada di pasaran, ternyata ada beberapa di antaranya yang paling banyak peminatnya di awal tahun 2021 ini.
Kepala Cabang Mobil88 Buaran Jakarta Timur, Adjie, mengatakan mobil berjenis perkotaan, LCGC, dan Low MPV masih jadi yang paling favorit.
"Kalau sekarang sih masih belum berubah ya komposisi peminatnya, masih city car, dan MPV. Pokoknya yang harganya Rp 200 juta ke bawah itu banyak dicari," jelas Adjie kepada kumparan, (13/1).
Ini Mobil Bekas yang Laris Manis di Awal 2021  (126330)
Pilihan mobil bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Tingginya peminat mobil bekas berjenis perkotaan, LCGC, dan Low MPV, tidak hanya disebabkan oleh harga, namun juga situasi pandemi COVID-19 itu sendiri.
Ya, adanya pandemi COVID-19 saat ini, memang membuat sebagian orang masih takut naik kendaraan umum. Akibatnya, membeli mobil pribadi dengan harga terjangkau dan punya konsumsi bahan bakar yang irit pun dianggap jadi solusi.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, menurunnya perekonomian akibat dihantam pandemi COVID-19, juga memaksa sebagian orang untuk melakukan downgrade kendaraan yang dimilikinya saat ini. Seperti yang tadinya memiliki Fortuner, kini memilih berganti dengan Innova bekas atau Avanza bekas.
Ini Mobil Bekas yang Laris Manis di Awal 2021  (126331)
Toyota Avanza bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Bila dispesifikkan lebih detail, ada beberapa jenis mobil yang paling banyak diburu saat ini. Untuk mobil berjenis perkotaan, dua mobil LCGC dari Toyota dan Daihatsu masih jadi favorit masyarakat.
"Kalau untuk city car itu tetap yang paling banyak dicari itu Honda Brio, Toyota Agya, lalu juga Daihatsu Ayla. Sementara model lainnya, seperti Suzuki Karimun Wagon R atau yang mobil perkotaan non LCGC itu agak kurang ya peminatnya," beber Adjie.
Sementara untuk mobil berjenis Low MPV, lanjut Adjie, duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih sulit tertandingi, disusul Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.
ADVERTISEMENT
"Mobilio dan Livina sih kadang masih ada beberapa yang cari, cuma memang enggak banyak. Justru yang sekarang lagi lumayan banyak cari itu Suzuki XL7," papar Adjie.
Ini Mobil Bekas yang Laris Manis di Awal 2021  (126332)
Honda Mobilio bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Khusus Suzuki XL7, umumnya calon konsumen menyukai tampilannya yang lebih gagah, serta dengan ground clearance yang lebih tinggi.
"XL7 memang banyak yang cari, tapi masalahnya ya itu unit bekasnya masih jarang banget," tambah Adjie.
Dengan masih banyaknya peminat mobil bekas di awal tahun 2021, Adjie optimistis pasar mobil bekas di tahun ini akan jauh lebih baik dibandingkan 2020 lalu.
***