Otomotif
·
27 Desember 2020 9:21

Ini Mobil Listrik Toyota yang Meluncur 2021, Harganya Cuma Rp 200 Jutaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Mobil Listrik Toyota yang Meluncur 2021, Harganya Cuma Rp 200 Jutaan (614283)
searchPerbesar
Mobil listrik Toyota. Foto: Nikkei
Toyota Motor Corporation akan meluncurkan mobil listrik (electric vehicle/EV) mungil dua penumpang di Jepang pada 2021. Model ini akan berkompetisi dengan Smart EQ ForTwo yang meluncur lebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Di negeri asalnya, mobil ini masuk kategori ultra kompak kei car. Harganya diperkirakan ada di kisaran 1,6 juta yen hingga 1,7 juta yen, atau setara Rp 219 juta sampai Rp 233 juta.
Mengutip Nikkei, Jumat (25/12) banderolnya tidak termasuk subsidi. Penjualan di awal ditargetkan sebanyak 100 unit untuk klien bisnis dan pemerintah daerah.
Ini Mobil Listrik Toyota yang Meluncur 2021, Harganya Cuma Rp 200 Jutaan (614284)
searchPerbesar
Logo mobil listrik Toyota. Foto: Auto Express
Peluncuran ini sejalan dengan rencana pemerintah Jepang, mendorong populasi kendaraan listrik dan hybrid pada pertengahan 2030.
Nah yang menarik, langkah yang diambil Toyota --sebagai salah satu market leader otomotif-- yang selama ini jaga jarak dengan EV, kemungkinan akan memengaruhi strategi pabrikan lain.

Jangkauan jarak sampai 100 kilometer

EV baru ini akan dilengkapi baterai lithium-ion yang dibuat oleh Prime Planet Energy & Solutions perusahaan patungan antara Panasonic dan Toyota, yang berbasis di Tokyo.
Ini Mobil Listrik Toyota yang Meluncur 2021, Harganya Cuma Rp 200 Jutaan (614285)
searchPerbesar
Rencana mobil listrik Toyota. Foto: dok. Toyota
Bocoran lainnya, dalam kondisi baterai penuh bisa menjangkau jarak tempuh sampai 100 kilometer. Mobil ini juga dirancang agar mudah dikendarai di daerah pegunungan dan kota, dengan radius belokan kecil.
ADVERTISEMENT
Toyota mengantisipasi permintaan dari berbagai pengemudi, mulai dari pengemudi pemula, usia menengah, sampai orang tua yang sering mengendarai kei car.
Ini bakal menjadi mobil listrik kedua Toyota yang akan diperkenalkan, di mana sebelumnya sudah lebih dahulu hadir Lexus UX300e.
Ini Mobil Listrik Toyota yang Meluncur 2021, Harganya Cuma Rp 200 Jutaan (614286)
searchPerbesar
Toyota Thailand dapat izin produksi mobil listrik Foto: dok. Istimewa

Bantuan buat Daihatsu dan Suzuki

Pengamat industri otomotif Jepang juga menyoroti, bagaimana anak perusahaan Toyota, Daihatsu Motor dan Suzuki --sebagai produsen mobil mini-- menanggapi permintaan mobil listrik.
Kedua pabrikan terbaca sedang mengebut mengembangkan teknologinya sendiri. Namun pengenalan EV mini oleh Toyota dapat membantu Daihatsu dan Suzuki, untuk langsung menggunakan teknologi yang sudah ada milik Toyota.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.