Otomotif
·
8 November 2020 19:10

Ini Penyebab AC Mobil Muncul Bunyi 'Cetak-cetek'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Penyebab AC Mobil Muncul Bunyi 'Cetak-cetek' (107427)
Ilustrasi AC Mobil. Foto: dok. Istimewa
Air Conditioner atau AC mobil yang bermasalah tentu menjengkelkan. Selain fungsi menyejukkan kabin berkurang, bisa juga mengganggu kenyamanan lantaran muncul suara aneh seperti 'cetak-cetek'.
ADVERTISEMENT
Namun terkait dengan munculnya suara aneh tersebut, ternyata tak berlaku untuk semua mobil.
Dijelaskan oleh Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, munculnya suara aneh umumnya terjadi pada mobil karburator, atau mobil yang masih mengusung kompresor AC magnetic clutch.
"Kompresor AC terdiri dari 2 jenis, solenoid dan magnetic clutch. Yang bunyi cetak-cetek itu kompresor magnetic clutch, kita lihat apakah bunyinya normal, kalau terlalu jauh berarti ada indikasi permasalahan," kata Didi kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Penyebab AC mobil bunyi cetak-cetek

Didi menyebut, bunyi mengganggu tersebut muncul karena magnetic clutch kompresor AC mobil sudah tak lagi maksimal. Didi menjelaskan, analisanya karena aliran listrik ke gulungan spull magnetic clutch mengalami putus nyambung.
Ini Penyebab AC Mobil Muncul Bunyi 'Cetak-cetek' (107428)
Ilustrasi AC mobil. Foto: macsradiator.com
Jika disederhanakan, penyebab bunyi 'cetak-cetek' saat menghidupkan AC, karena jeda waktu on dan off kompresor AC terlalu cepat.
ADVERTISEMENT
Nah penyebab lainnya, karena rpm mesin saat AC menyala terlalu rendah, atau idle mesin tidak bekerja normal. Karena memang ketika AC menyala beban mesin akan bertambah.
"Solusinya bisa melakukan pengecekan pada komponen idle up AC, atau throttle body. Kemungkinan 2 komponen ini sudah lemah atau dalam kondisi kotor," tuturnya.
Kemungkinan lainnya, sistem AC kepanasan dan komponen thermostat ada yang bermasalah.
"Permasalahan AC ini banyak faktor memang, misalnya seperti Idle Up, selain ke AC, bisa bikin mobil bergetar juga," kata Didi.
Maka dari itu, tips dari Didi, ketika mobil mengalami permasalahan pada komponen AC segera melakukan pengecekan ke bengkel resmi untuk dianalisis lebih lanjut menyoal penyebab kerusakannya.