Otomotif
·
8 April 2020 16:59

Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru (88776)
Daihatsu Taft Foto: dok. Go Out via Daihatsu
Daihatsu Motor Jepang dipastikan telah membuka keran pemesanan terhadap Taft terbaru yang dijadwalkan akan meluncur pada Juni mendatang. Berbeda dari Taft terdahulu yang berstatus sebagai sebuah SUV, Taft kali ini hadir sebagai sebuah Kei Car.
ADVERTISEMENT
Dikembangkan dari model konsep Daihatsu Waku-waku, Taft memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Nama Taft sendiri diakronimkan oleh Daihatsu menjadi Tough and Almighty Fun Tool.
Meski belum ada spesifikasi resmi yang diungkap oleh pihak Daihatsu, Taft dipercaya akan dipersenjatai dengan mesin yang tidak jauh berbeda seperti Kei Car pada umumnya, yaitu mesin bensin 3 silinder berkubikasi 660 cc turbocharger. Mesin itu dipadukan dengan sistem transmisi otomatik CVT.
Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru (88777)
Daihatsu Taft tampak belakang Foto: dok. Motor Fan via Daihatsu
Penggunaan mesin berkubikasi kecil sendiri, memang sesuai dengan regulasi yang diterapkan oleh pemerintah Jepang, yang mana sebuah Kei Car memang hanya diperuntukkan untuk dalam kota saja. Tujuannya, untuk menghadirkan sebuah mobil yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru (88778)
Interior Daihatsu Taft Foto: dok. Go Out via Daihatsu
Hadir dengan status Kei Car, Taft diharapkan akan dibekali dengan beragam fitur canggih dan menarik di dalamnya. Bila berkaca pada tampilan konsepnya yang dipajang pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, beberapa fitur yang ada di mobil ini seperti, atap sunroof dan head unit model floating dengan konektivitas smartphone.
Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru (88779)
Layout dashboard Daihatsu Taft Foto: dok. Motor Fan via Daihatsu
Selain 2 fitur itu, beberapa fitur lain yang setidaknya terlihat melalui foto-foto yang beredar, yaitu rem parkir elektrik dengan auto hold, keyless entry dengan engine start stop button, cruise control, pemanas kursi, soket pengisian daya smartphone 12 volt, pengaturan ac auto dengan climate control, pengaturan audio pada setir, serta beberapa fitur keselamatan lain seperti stability control, airbags, sistem pengereman ABS + EBD, dan lain-lain.
Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru (88780)
Ruang bagasi Daihatsu Taft Foto: dok. Motor-Fan via Daihatsu
Saat ini, Daihatsu Taft baru dapat dipesan untuk para warga Jepang saja. Bagi konsumen Jepang yang membeli pada awal peluncuran ini, berhak memilih hadiah yang terdapat pada paket pembelian. Hadiah – hadiah itu terdiri dari gift card, speaker bluetooth, kettle electric, dan handy coffee maker.
Ini Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Taft Terbaru (88781)
Lampu depan Daihatsu Taft Foto: dok. Go Out via Daihatsu
Untuk pasar Indonesia sendiri, rasanya sedikit sulit apabila berharap Daihatsu Taft ini dipasarkan di Indonesia. Sebab, kapasitas mesin yang terlalu kecil dinilai akan kurang cocok untuk karakter konsumen di Indonesia.
ADVERTISEMENT
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!