Otomotif
·
16 Oktober 2020 9:02

Inilah Bus Khusus Pesepeda Rute Jakarta-Cikarang, Apa Saja Fasilitasnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Bus Khusus Pesepeda Rute Jakarta-Cikarang, Apa Saja Fasilitasnya?  (102794)
Bus JR Connexion khusus pesepeda. Foto: dok. BPTJ
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) baru saja memperkenalkan inovasi terbarunya, dalam menyediakan armada bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) yang dilengkapi dengan bagasi khusus sepeda lipat.
ADVERTISEMENT
Hadirnya unit bus yang ramah bagi pesepeda itu, merupakan bentuk respons BPTJ dalam melihat tingginya tren masyarakat yang bersepeda dalam kegiatan sehari-hari, termasuk ke tempat kerja.
"Karena itu, BPTJ mengupayakan kebiasaan bersepeda masyarakat yang mulai tumbuh menjadi budaya bersepeda,"ujar Polana B. Pramesti, Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan.
Pada tahap awal perkenalannya ini, bus JR Connexion yang dilengkapi dengan bagasi khusus sepeda itu, akan dikelola oleh 2 operator, Sinar Jaya dan PPD, dengan rute keberangkatan dari halte Hollywood Junction, Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi.
Nantinya, masing-masing unit bus tersebut, akan mampu menampung 6 unit sepeda lipat, dengan lokasi penyimpanan yang berbeda-beda. Pada bus PPD, bagasi sepeda berada di bagian dalam. Sedangkan Sinar Jaya, letak bagasi sepedanya ada di bagian samping bawah luar.
Inilah Bus Khusus Pesepeda Rute Jakarta-Cikarang, Apa Saja Fasilitasnya?  (102795)
Bus JR Connexion Foto: sinarjayagroup.co.id
Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan ini, dipastikan tidak akan dipungut biaya apa pun. Masyarakat hanya cukup mencari bus JR Connexion, yang dilengkapi dengan stiker Sepeda In- Aja atau Bersama Kita Terapkan 3M Dalam Bertransportasi.
ADVERTISEMENT
Mudah-mudahan ketersediaan bagasi gratis ini akan bisa segera dimanfaatkan penumpang yang ingin membawa sepeda lipatnya ke kantor atau tempat-tempat lainnya," beber Polana.
Dalam proses memasukkan sepeda lipat ke bagasi, penumpang akan dibantu dengan helper bus atau kenek. Setelah sepeda dilipat dengan rapi oleh pemiliknya, selanjutnya helper akan menyimpan sepeda itu di bagasi yang sudah dilengkapi dengan penyimpanan khusus.
Inilah Bus Khusus Pesepeda Rute Jakarta-Cikarang, Apa Saja Fasilitasnya?  (102796)
Ilustrasi sepeda lipat Foto: Shutter Stock
Tidak lupa, agar sepeda tersebut tidak bergeser-geser saat bus berjalan, sepeda lipat itu juga akan diikat oleh helper pada sebuah kaitan khusus.
Ke depan, layanan bus khusus pesepeda ini diharapkan tidak hanya tersedia di Jababeka Cikarang saja, namun juga di Sentul, serta Bogor, Jawa Barat.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)