Otomotif
·
12 Mei 2021 11:05

Inilah Mercedes-Benz EQT, Mobil Listrik Mini Van yang Bisa Angkut 7 Penumpang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Mercedes-Benz EQT, Mobil Listrik Mini Van yang Bisa Angkut 7 Penumpang (8380)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQT. Foto: dok. Mercedes-Benz
Mercedes-Benz kembali membuktikan komitmennya dalam kendaraan elektrifikasi dengan memperkenalkan versi konsep dari mobil listrik EQT pada Senin (10/5/2021).
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan namanya, mobil listrik ini akan hadir dengan nomenklatur baru, yakni T-Class, yang disiapkan Mercedes-Benz untuk mobil mini van atau MPV. Itu artinya, mobil ini akan ditempatkan di bawah Mercedes-Benz V-Class.
Sesuai dengan segmentasinya, yakni mini van, Mercedes-Benz EQT memang memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan EQV atau V-Class. Mengutip dari Motor1, EQT hanya memiliki dimensi panjang 4.945 mm, lebar 1.863 mm, dan tinggi 1.826 mm. Sementara Mercedes-Benz V-Class memiliki dimensi panjang 5.140 mm, lebar 1.928 mm, dan tinggi 1.880 mm.

Kental aura EQV dan V-Class

Walaupun memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan V-Class, Mercedes-Benz EQT tetap mengusung bahasa desain Van yang mirip seperti V-Class atau EQV. Hal itu terlihat dari bentuk bodinya yang membulat di bagian depan dengan kaca lebar dan pintu geser di baris keduanya.
ADVERTISEMENT
Pada bagian depannya, mobil ini hadir dengan grille yang sama seperti mobil listrik Mercedes-Benz lainnya, yakni menampilkan grille model tertutup dengan dihiasi banyak logo bintang kecil dan dipadukan dengan lampu DRL LED yang memanjang di bagian bawahnya.
Lalu untuk lampu depannya terlihat minimalis dan berbentuk horizontal. Bergeser ke sisi samping, Mercedes-Benz nampak menyematkan velg berukuran lebar 21 inci dengan desain futuristik.
Ada juga jendela lebar dan pintu geser elektrik, serta gagang pintu model pop-up yang membuatnya semakin terlihat mewah. Terdapat juga roof rail di bagian atap yang semakin mempertegas kesan sebuah mobil keluarga pada mobil ini.
Inilah Mercedes-Benz EQT, Mobil Listrik Mini Van yang Bisa Angkut 7 Penumpang (8381)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQT. Foto: dok. Mercedes-Benz
Tak hanya bagian depan, desain buritan Mercedes-Benz EQT juga semakin terlihat mewah dengan penyematan lampu belakang DRL LED model vertikal. Desain garis lampu LED itu dipadukan dengan strip lampu di pintu bagasi yang memanjang menghubungkan sisi kanan dan kiri lampu belakang.
ADVERTISEMENT
Sebagai sebuah mobil keluarga, kesan mewah dan nyaman juga begitu terasa di bagian dalam Mercedes-Benz EQT ini. Hal itu tercermin dari penggunaan kulit berwarna putih pada bagian jok dan dasbornya.
Ada juga fitur infotainment MBUX yang akan memanjakan penumpang di mobil ini. Hadirnya panoramic sunroof yang sangat lebar di bagian atapnya, semakin menambah kesan lapang pada bagian dalamnya.
Inilah Mercedes-Benz EQT, Mobil Listrik Mini Van yang Bisa Angkut 7 Penumpang (8382)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQT. Foto: dok. Mercedes-Benz
Untuk konfigurasi kursinya, pada baris kedua hadir dengan konfigurasi kursi 3 penumpang dengan model pelipatan 60:40. Sedangkan untuk baris keduanya, mampu menampung 2 penumpang dengan model kursi individual atau captain seat.

Mampu melaju hingga 265 kilometer

Menyoal spesifikasi teknisnya, memang belum ada informasi resmi, namun diprediksikan Mercedes-Benz EQT akan hadir dengan motor listrik bertenaga 101 dk dengan torsi puncak 245 Nm.
ADVERTISEMENT
Untuk baterainya, mobil ini diperkirakan akan dibekali baterai berkapasitas 45 kWh dan mampu digunakan sejauh 265 kilometer dalam kondisi terisi penuh dengan metode WLTP.
Inilah Mercedes-Benz EQT, Mobil Listrik Mini Van yang Bisa Angkut 7 Penumpang (8383)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQT. Foto: dok. Mercedes-Benz
Hadirnya versi konsep Mercedes-Benz EQT ini memang sangatlah menarik. Itu artinya, kini Mercedes-Benz semakin memperluas segmen produknya khususnya di segmen Van atau MPV.
Lantas yang jadi pertanyaan berikutnya, akankah Mercedes-Benz indonesia tertarik untuk memasarkan mobil ini suatu saat nanti. Bila iya, itu artinya mobil ini nantinya akan menjadi lawan tangguh bagi beberapa nama, seperti Toyota Voxy dan Nissan Serena.
Jadi, sangat menarik untuk kita nantikan.

Galeri Foto Mercedes-Benz EQT:

Eksterior
Interior