Otomotif
·
16 September 2020 14:07

Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501722)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Nissan Motor Company akhirnya mulai memperkenalkan wujud yang akan menjadi cikal-bakal penerus keluarga Z, yakni Nissan Z Proto.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Motor1, nama 'Proto' sendiri berarti Prototipe, yang menandakan bahwa mobil ini masih belum diproduksi massal dan dipasarkan..
Sesuai dengan prediksi sebelumnya, sportscar satu ini hadir dengan desain retro yang memadukan bahasa desain dari Nissan Fairlady 240z, Fairlady 350z, dan 300ZX.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501723)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1

Eksterior Nissan Z Proto

Tampil dengan kombinasi warna kuning cerah dan hitam pada bagian atap, membuat Z Proto terlihat semakin menarik dan sporty. Pada bagian wajahnya, Nissan Z Proto terlihat memadukan desain 350z dan 240z.
Terlihat dari lekukan bagian bumper dan kap mesinnya sederhana tanpa desain berlebihan. Desain itu dipadukan dengan grille besar berbentuk kotak di bagian bawah dan lampu depan LED yang terinspirasi dari 240z.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501724)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Sebagai sportscar 2 pintu, Nissan Z Proto punya desain yang aerodinamis dan sporty pada bagian samping, namun tetap terkesan sederhana. Terdapat juga emblem Z pada bagian pilar belakang yang bertujuan memberikan identitas bahwa mobil ini merupakan penerus keluarga Z.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501725)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Untuk bagian velgnya, Nissan Z Proto hadir dengan velg lebar berukuran 19 inci berkelir hitam.
ADVERTISEMENT
Sama seperti bagian depan yang terinspirasi dari Fairlady lawas, pada bagian belakang Nissan Z Proto ini rupanya terinspirasi dari Nissan 300ZX DAN 240SX.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501726)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Desain itu sangat jelas terlihat pada bagian lampu belakang yang hadir dengan lampu LED dan berbentuk memanjang dan menyatu antara lampu belakang kanan dan lampu belakang kiri. Tidak lupa untuk menambah kesan gahar, diffuser besar dan 2 buah knalpot juga dibenamkan pada bagian belakang mobil ini.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501727)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1

Interior Nissan Z Proto

Berbeda dengan eksteriornya yang punya nuansa retro, bagian interior Nissan Z Proto justru tampil modern dengan desain yang minimalis.
Tampil dengan interior berwarna abu-abu gelap dengan kombinasi trim kuning, Nissan Z Proto ini dibekali dengan setir palang 3 khas Nissan yang di bagian tengahnya disematkan emblem Z.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501728)
Interior Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Jok bergaya sport dengan campuran bahan kulit dan alcantara, semakin mempertegas identitas mobil ini sebagai sebuah sportscar. Tersemat juga layar instrumen digital berukuran 12, 3 inci serta layar head unit berukuran 9,0 inci pada bagian tengah dasbor.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501729)
Interior Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1

Mesin Nissan Z Proto

Menyandang identitas penerus keluarga Z, tentu saja Nissan Z Proto ini harus hadir dengan mesin buas. Pada balik kap mesinnya, terbenam mesin bensin berkonfigurasi V6 Twin-Turbocharger yang diperkirakan mampu menyemburkan tenaga lebih dari 400 dk.
ADVERTISEMENT
Tenaga besar yang dihasilkan itu, membuatnya jauh lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya, 370z serta sedan sport asal Toyota, yakni Supra.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501730)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Mesin buas Nissan Z Proto itu dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan dan sistem penggerak roda belakang.
Dengan hadirnya penerus keluarga Z ini, diharapkan Nissan Z Proto akan mampu meraih kesuksesan seperti para pendahulunya, yakni Nissan 350z, 300zx, dan 240z.
Inilah Nissan Z Proto, Perpaduan Indah dari Desain Legendaris Keluarga Z (501731)
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1
Nissan Z Proto sendiri diprediksikan akan hadir dalam versi produksinya pada akhir tahun 2021 dan akan dipasarkan pada 2022.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)