Otomotif
·
1 Desember 2020 7:22

Inilah Orang Pertama yang Ditilang di Dunia, Sudah Tahu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Orang Pertama yang Ditilang di Dunia, Sudah Tahu? (266404)
Ilustrasi tilang. Foto: Indrianto Eko Suwarso/Antara Foto
Pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, akan ditindak tilang oleh polisi. Pelanggaran lalu lintas termasuk tindak pidana ringan, yang ancaman sanksinya berupa denda atau kurungan.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah Anda siapa orang yang pertama kali ditilang?
Inilah Orang Pertama yang Ditilang di Dunia, Sudah Tahu? (266405)
stock Ilustrasi tilang Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Sejarah mencatat seperti mengutip Guinness World Record dan Historic-UK, orang pertama yang ditilang adalah Walter Arnold. Saat itu dirinya ditilang pada 28 Januari 1896 silam.
Cerita bermula saat Arnold memacu Benz miliknya di jalan pedesaan Paddock Wood, Kent, Inggris. Polisi yang bertugas saat itu menyadari bahwa laju Arnold terlalu cepat.
Berikutnya, mereka mengejar Arnold menggunakan sepeda sejauh kurang lebih 5 km, untuk melakukan penindakan dan pemberian surat tilang.
Inilah Orang Pertama yang Ditilang di Dunia, Sudah Tahu? (266406)
Kendaraan Arnold's 'Benz' Motor Carriage. dok. historic-UK
Arnold diketahui melanggar batas yang berlaku. Saat itu kendaraan tidak boleh melaju lebih dari 2 mph atau 3 km/jam, sementara Arnold memacunya hingga 13 km/jam.
Tapi tak cuma melanggar batas kecepatan. Arnold juga melanggar aturan lain, seperti menggunakan lokomotif (penyebutan kendaraan dengan mesin) tanpa kuda di jalan umum, pengoperasian lokomotif kurang dari 3 orang, dan tidak mencantumkan nama dan alamatnya pada lokomotif.
ADVERTISEMENT
Dua hari kemudian atau tepatnya 30 Januari 1896, Arnold menghadap hakim lokal, dan dinyatakan bersalah atas keempat dakwaan tadi. Dia didenda 47 shiling, atau sekitar 260 poundsterling yang setara dengan Rp 4,9 juta.
Inilah Orang Pertama yang Ditilang di Dunia, Sudah Tahu? (266407)
Potongan artikel perusahaan Arnold's Motor Carriage. dok. gracesguide

Walter Arnold sebagai pemilik diler mobil

Sosok Walter Arnold ternyata dikenal sebagai salah satu pemilik diler mobil pertama di Inggris, bernama Arnold Motor Carriage.
Pada 1896, perusahaan yang sebelumnya mendistribusikan mobil Benz, beralih menjadi pemanufaktur tapi basis mobilnya tetap menggunakan Benz.
Tak butuh waktu lama setahun berikutnya dibangunlah Arnold's Motor Cars. Improvisasi yang dilakukan adalah merombak mesin bawaan Benz dengan ragam output tenaga: 3, 5, hingga 8,5 dk.