Otomotif
·
26 April 2021 18:27

Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121094)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz
Mobil listrik Mercedes-Benz EQS resmi mengaspal pada 15 April 2021. Menariknya, ini merupakan sedan listrik paling mewah milik pabrikan asal Jerman saat ini.
ADVERTISEMENT
Rencananya EQS mulai dipasarkan pada 2022, menyasar pasar Amerika dan Eropa terlebih dahulu. Berbagai teknologi dan fitur canggih tentu tersemat pada Mercedes-Benz EQS ini.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121095)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz

Punya 2 Pilihan Motor Listrik

Dalam hal jantung pacu, Mercedes-Benz EQS ditawarkan dalam 2 pilihan. Pertama ada EQS 450+ yang memiliki motor listrik tunggal berdaya 329 dk dan torsi 550 Nm. Lalu yang kedua ada EQS 580 4MATIC yang menawarkan tenaga 516 dk dan torsi 828 Nm.
Pada varian pertama, yakni EQS 450+ hadir dengan sistem penggerak roda belakang. Sementara pada EQS 580 4MATIC, mengusung sistem penggerak 4 roda. Kedua varian ini, sama-sama dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 108,7 kWh.
Dengan kapasitas baterai yang besar itu, Mercedes-Benz EQS diklaim dapat terus melaju dalam kondisi baterai terisi penuh sejauh 770 kilometer, berdasarkan hitungan WLTP. Angka itu jelas jauh lebih besar dibandingkan Tesla Model S varian Long Range, yang hanya 610 kilometer.
ADVERTISEMENT
Untuk mengisi kapasitas baterainya yang besar itu, dibutuhkan waktu pengisian selama 35 menit untuk mengisi dari 10 hingga 80 persen dengan menggunakan fast charging berdaya 110 kiloWatt. Sementara bila menggunakan WallBox charging 240 volt, akan memakan waktu pengisian yang lebih lama, yakni 11 jam.
Selain punya jarak tempuh yang lebih jauh, Mercedes-Benz EQS juga memiliki aerodinamika yang sangat baik, yakni dengan koefisien drag 0,20. Ini juga membuat EQS memecahkan rekor sebagai mobil listrik paling aerodinamis.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121096)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz

Desain Futuristik

Capaian aerodinamika yang sangat baik itu, memang tercermin dari desain EQS yang sangat menarik dan futuristik. Dalam hal platform yang digunakan, EQS sudah menggunakan platform khusus yang memang diciptakan Mercedes-Benz untuk mengakomodasi kebutuhan mobil listrik.
ADVERTISEMENT
Pada tampilan depannya, EQS hadir dengan desain grille model tertutup layaknya mobil listrik pada umumnya. Desain panel grille itu hadir dengan kelir hitam yang dikombinasikan dengan beberapa titik-titik yang membuatnya seperti mobil masa depan.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121097)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz
Desain grille tertutup itu berpadu manis dengan logo bintang yang cukup besar di bagian tengah dan lampu depan LED di kanan dan kiri. Tersemat juga lampu DRL LED yang membentang di ujung kap mesin yang menghubungkan antara lampu depan kanan dan kiri.
Geser ke bagian belakang, kesan sederhana namun mewah sangat terpancar pada bagian buritan EQS ini. Lampu belakangnya sengaja dibuat memanjang dan tipis dengan desain LED yang menarik.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121098)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz

Interior dengan Layar Lebar di Dasbor

Tak hanya bagian luarnya, bagian dalam EQS juga menampilkan desain yang futuristik dan canggih. Hal itu terlihat dari terbenamnya layar MBUX hyperscreen yang punya ukuran 56 inci dan mampu menampung tiga layar OLED individu.
ADVERTISEMENT
Layar 56 inci itu, terbagi menjadi layar instrumen berukuran 12,3 inci, lalu layar fitur hiburan di bagian tengah selebar 17,7 inci, dan layar hiburan pada sisi penumpang depan sebesar 12,3 inci.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121099)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz
Tidak hanya sekadar layar biasa, pada layar yang ada di sisi penumpang depan juga dibekali dengan berbagai pengaturan fungsi seperti, mengaktifkan kursi pijat, sistem pendingin kabin, pengaturan cahaya kabin, pengaturan audio, konektivitas smartphone, hingga pengaturan sistem navigasi.
Adapun sistem operasi dan perangkat yang digunakan MBUX EQS ini, sudah menggunakan yang termutakhir, sehingga telah mendapatkan berbagai peningkatan dalam hal fitur yang ditawarkan.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121100)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz
Selain punya layar besar pada bagian dasbornya, kecanggihan dan kemewahan sedan listrik ini juga tercermin dari penggunaan warna putih pada jok, setir, dan doortrim-nya. Warna putih itu pun semakin terlihat mewah setelah dipadukan dengan aksen kayu pada bagian konsol tengahnya, dan ambient light.
ADVERTISEMENT
Tidak cukup sampai di situ, berbagai fitur penunjang kenyamanan juga dipertahankan pada EQS ini, seperti jok belakang yang lebar dengan pengaturan elektrik, tablet MBUX, layar 12,3 inci pada sandaran kepala jok baris depan, kursi pijat dan pemanas kursi di baris kedua, Power Nap, Window and Panoramic Sunroof shades, HEPA Filter, dan Energizing Air Control.
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121101)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz

Ada Fitur Semi Otonomos

Untuk urusan fitur bantuan mengemudi dan keselamatan, mobil ini juga terbilang lengkap. Berikut beberapa fitur bantuan mengemudi dan keselamatan di Mercedes-Benz EQS:
  • Distronic Adaptive Cruise Control
  • Steering Assistance with Automated Lane Changes
  • Automatic Emergency Braking for Forward, Rear, and Cross Traffic Collision
  • Pre Safe Impulse Side
  • Airbags
Inilah Sedan Listrik Termewah Mercedes-Benz EQS, Mampu Melaju Sejauh 770 Km! (121102)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz

Prediksi Harga

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Mercedes-Benz EQS ini diprediksikan bakal memiliki harga berkisar 110.000 Dolar Amerika atau setara Rp 1,5 miliar untuk varian EQS 450+. Dan 120.000 Dolar Amerika atau setara Rp 1,7 miliar untuk varian EQS 580 4MATIC.
ADVERTISEMENT
Lantas, yang jadi pertanyaan berikutnya adalah akankah sedan listrik Mercedes-Benz EQS ini, juga bakal tersedia untuk pasar Indonesia? Menarik untuk kita nantikan.

Galeri Foto Mercedes-Benz EQS:

Eksterior
Interior
***