Otomotif
·
8 Januari 2021 19:23

Inilah Tempat Cuci Steam Terbesar di Dunia, Sejam Bisa Cuci 300 Mobil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Tempat Cuci Steam Terbesar di Dunia, Sejam Bisa Cuci 300 Mobil (27788)
Tempat cuci mobil terbesar di dunia. dok. Welt Documentary
Bicara tempat pencucian mobil, biasanya memiliki beberapa area untuk menampung 4 hingga 8 mobil dalam waktu bersamaan. Tapi apa jadinya jika ada tempat cuci mobil yang punya kapasitas cuci ratusan mobil setiap jamnya?
ADVERTISEMENT
Ukurannya tentu harus besar. Belum lagi area cucinya juga harus banyak, ditambah pekerja yang melakukan cuci mobil juga mesti tak sedikit.
Inilah Tempat Cuci Steam Terbesar di Dunia, Sejam Bisa Cuci 300 Mobil (27789)
Tempat cuci mobil terbesar di dunia di Stuttgart, Jerman. dok. Welt Documentary

Tempat cuci mobil terbesar ada di Jerman

Nah ternyata cuci mobil terbesar itu memang ada dan berada di Stuttgart, Jerman. Namanya Mr.Wash yang sanggup mencuci hingga 300 mobil tiap jamnya, sedangkan kapasitas per harinya mampu membersihkan 4.000 mobil, per bulan 50.000 mobil, dan setahun 500 ribu mobil!
Mr. Wash berdiri di atas lahan seluas 15 ribu meter persegi dengan nilai investasi Rp 197,3 miliar. Fasilitas alat cucinya menggunakan mesin yang dikombinasikan bantuan tenaga manusia sebagai tahap awal dan sentuhan akhir.
Jadi sebelum dicuci, mobil harus melewati pos pertama untuk pembayaran, sekaligus petugas akan menurunkan atau melepas antena yang terpasang. Ini dilakukan supaya tidak tersangkut pada mesin cuci mobil.
Inilah Tempat Cuci Steam Terbesar di Dunia, Sejam Bisa Cuci 300 Mobil (27790)
Tempat cuci mobil terbesar di dunia di Stuttgart, Jerman. dok. Welt Documentary
Berikutnya mobil masuk pos kedua. Di sini petugas akan menyemprotkan mobil dengan air alkali bertekanan supaya merontokan kotoran dan noda bekas serangga mudah lepas.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, mobil memasuki mesin cuci otomatis dengan conveyor belt pada bagian bawahnya. Jadi mobil tidak perlu dijalankan manual oleh pengemudinya.
"Kecepatannya 10 kilometer per jam dan memakan waktu 3 menit melewati alat cuci otomatis sepanjang 50 meter," jelas Branch Manager Mr. Wash Stuttgart, Franck Brochaus seperti mengutip Welt Documentary.
Inilah Tempat Cuci Steam Terbesar di Dunia, Sejam Bisa Cuci 300 Mobil (27791)
Tempat cuci mobil terbesar di dunia di Stuttgart, Jerman. dok. Welt Documentary
Pada tahap ini keseluruhan bodi mobil dilumuri sabun dan dicuci dengan lap khusus yang berputar. Tak terkecuali bagian velg, juga diseka pakai lap dan air yang berputar mengikuti lingkar roda.
Selanjutnya mobil masuk pos pembilasan. Semua bodi mobil disemprot air bertekanan dari berbagai sisi, guna memastikan tidak ada lagi sabun atau kotoran yang menempel.
"Kami menggunakan air alkali supaya mudah dalam proses pembersihan, juga beberapa kandungan asam hidroklorik agar mobil tampak bersih dan cemerlang," sambung Brochaus.
Inilah Tempat Cuci Steam Terbesar di Dunia, Sejam Bisa Cuci 300 Mobil (27792)
Tempat cuci mobil terbesar di dunia di Stuttgart, Jerman. dok. Welt Documentary
Terakhir mobil masuk tahap pengeringan. Nah prosesnya terbilang menarik nih, sebab menggunakan blower bertekanan tinggi, bukan dilap menggunakan lap sintetis. Setelah itu proses cuci mobil selesai, dan bisa keluar dari mesin otomatis.
ADVERTISEMENT
Namun demikian selain layanan cuci mobil, Mr.Wash juga memberikan menu perawatan mobil seperti pembersihan interior, menghilangkan baret, memperbaiki penyok ringan, sampai poles. Semua tarifnya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribuan.